Amoplusmagz
Nakamichi N4 Nakamichi N4
Seperti juga produk Nakamichi lainnya, yang tampil dengan nuasa baru. N4 kini tampil jauh lebih menarik. Kesan kaku dan tidak menarik hilang sudah. Bahkan... Nakamichi N4

Kalau bicara mengenai produk legendaris, Nakamichi adalah salah satunya. Namanya sudah cukup lama tak terdengar, kini sudah kembali hadir di Indonesia.

Amoplus Magazine – Seperti juga produk Nakamichi lainnya, yang tampil dengan nuasa baru. N4 kini tampil jauh lebih menarik. Kesan kaku dan tidak menarik hilang sudah. Bahkan selain itu komponen dalam-pun tidak disembunyikan. Semuanya terlihat jelas dengan penggunaan cover transparan.

Dari fisik tampak banyak pembaharuan yang dilakukan. Untuk mengurangi panas, di dalam unit amplifier di tempatkan sebuah kipas pendingin. Dua hal yang bisa disimpulkan secara awal, yang pertama power ini memiliki panas yang lumayan, seperti yang terjadi pada power kelas A atau power kelas AB yang dimodifikasi. Ini mengindikasikan N4 memang di desain untuk menghasilkan reproduksi suara yang baik. Kemungkinan ke dua adalah power ini dipersiapkan untuk penggunaan yang terus-menerus dalam waktu yang cukup lama seperti yang lama lazim dilakukan pada pengguna di Indonesia.

Sedikit menyulitkan atau mungkin yang lebih tepat adalah demi keamanan dan kerapihan, untuk memasangkan kabel power supply dan untuk melakukan setting gain, crossover dan lainnya, ada cover pelindung yang harus dibuka. Dengan menggunakan kunci L (hexagonal), sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membukanya, tapi membuat tangan iseng yang kadang suka mengutak-utik menjadi tidak bisa. Aman.

Sound Test

Dengan menggunakan alat bantu head unit Pioneer dan sepasang speaker Fabulous Acoustic FA2 yang lengkap dengan crossover passivenya, kami melakukan uji dengar. Pertama kami hanya menggunakan kanal depan saja dari empat kanal power amplifier yang ada.

Lagu pembuka kami putar Sammy, untuk mengetahui responnya terhadap suara tinggi. Suara simbal terdengar. Tidak berlebih dan tidak lemah, tampak karakter jujur dari Nakamichi tetap dijaga. Perlu menggunakan driver tweeter yang bright untuk membuatnya terdengar lebih tegas.

Kemudian kami lanjutkan dengan memutar CD Rim Banna, yang lagunya mempunyai hentakan beat yang lebih cepat. Lagi-lagi Nakamichi tetap karakternya, tidak berlebihan.

Masih penasaran dengan daya keluarannya jika dibridge. Kami gunakan kanal 1 dan 2 untuk speaker kanan dan dua kanal lagi untuk speaker kiri. Terdengar kontrol speaker yang lebih baik, tapi suara tetap “jujur”, tidak berlebihan dan tidak kurang. Itulah Nakamichi.

AmoPlus Lab.

Dari uji ukur, terlihat karakter Nakamichi N4 ini sebetulnya berbeda dengan yang dulu, frekuensi atasnya terlihat sedikit diturunkan, tapi frekuensinya benar-benar tinggi, setelah frekuensi 18kHz baru diturunkan. Tampak Nakamichi lebih disesuaikan dengan pasar yang tidak suka dengan suara tinggi yang berlebih.

Hasil uji ukur daya keluaran dengan beban 4Ohm, menunjukan daya keluaran maksimum dari Nakamichi N4 lebih besar dari spesifikasinya. Jadi untuk penggunaan sesuai spesifikasi, hasilnya pasti lebih baik.

Stereo max 4 Ohm 22.5 126.56
Bridge max 4 Ohm 41 420.25

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.