Amoplusmagz
Momentum DSP-K1, Suara Ciamik Sambil Karaokean Dalam Mobil Momentum DSP-K1, Suara Ciamik Sambil Karaokean Dalam Mobil
Di sini terlihat ada dua susun tersekat foam, di bagian atas terdapat komponen utama berupa piranti DSP yang dimensinya cukup mungil, dan di susunan... Momentum DSP-K1, Suara Ciamik Sambil Karaokean Dalam Mobil

Amoplus Magazine – Penggunaan prosesor DSP dalam audio mobil kini sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan merupakan syarat standar untuk menghadirkan kualitas audio lebih optimal. Karena prosesor pada umumnya memiliki kemampuan untuk mengolah sinyal audio dari berbagai aspek penyetelan lebih terinci, sehingga dapat di setting sesuai dengan ruang kabin mobil Anda.

Kalau mengamati perkembangan perangkat prosesor DSP khusus audio mobil yang kini beredar di pasaran, kita akan dihadapkan pada banyak pilihan, dari harga yang terjangkau sampai kelas premium. Namun Momentum sebagai pemain audio mobil, kini merilis seri DSP-K1 yang katanya lain dari jenis prosesor pada umumnya.

Untuk mengobati rasa penasaran, maka kami coba buka kemasan dari Momentum DSP-K1 yang sudah masuk di lab Amoplus. Di sini terlihat ada dua susun tersekat foam, di bagian atas terdapat komponen utama berupa piranti DSP yang dimensinya cukup mungil, dan di susunan bawahnya terdapat sepasang microphone nirkabel Waw, ini merupakan kejutan buat kami, karena baru kali ini ada prosesor yang dilengkapi tambahan microphone.

Tidak perlu lama-lama, kami langsung coba di pasang pada sistem audio standar yang ada, dimana hanya kami gunakan mesin source head unit single-din ditambah jalur keluarannya digunakan sistem stereo speaker 2-way, termasuk subwoofer built-in amplifier.

Dalam setting kali ini, kami tetap mengatur DSP-K1 sesuai standar kualitas sound stage yang lebih difokuskan pada posisi driver menggunakan beberapa fasilitas time alignment serta EQ merunut pada komposisi alur setting yang disediakan.

Hasilnya, ketika kami dengar dari tempat duduk driver, prosesor ini memang mampu menghadirkan kualitas sound stage yang tidak jongkok, alias berada di depan sejajar telinga, tentunya ini sangat nyaman, walau mengorbankan pada posisi duduk di belakang. Akurasi suara yang ditampilkanpun dapat diacungi jempol, karena detilnya serta efek stereo terasa tebal dan nyata.

Nah, kini pada pengujian akhir, Momentum DSPK1rupanya memang bukan saja ditujukan untuk para
Audiophile, tapi lebih dari itu, dimana ditunjang oleh fitur hiburan untuk karaoke sesuai perlengkapan
yang disediakan berupa sepasang microphone wireless. Apakah ini juga mumpuni?

Ternyata diluar dugaan kami, sistem karaoke yang disuguhkan juga tidak main-main, selain didukung oleh mik berkualitas, suara yang dihadirkan terasa nyaman ketika kami coba beberapa lagu karaoke di dalam kabin mobil, serasa kami berada di ruang room karaoke sungguhan. Semakin betah deh di mobil dengan adanya Momentum DSP-K1.

SPESIFIKASI

• 8-channel digital signal processor
• Jarak Aktif >110dB
• S/N Ratio 100dB
• THD input impedance low : 20K Ohms | High 240K Ohm low level output 100 Ohms
• Power output : 4ohms RMS 30W x 4, Peak power 60W x 4
• Rentang input : RCA input : 3.3Vpp ; high level 30Vpp ; RCA output 13.0Vpp
• Temperatur : -10 – 70C
• Nyalakan input : REM +12V starting voltage output (0.1A)
• Suplai tegangan : DC 10V – 15V

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.