Amoplusmagz
Momentum DSP-8AT Momentum DSP-8AT
Jakarta, amoplusmagz.com - Peran DSP dalam menunjang audio mobil kini sudah menjadi hal yang sangat lumrah, karena di dalamnya terdapat prosesor yang memiliki kemampuan... Momentum DSP-8AT

Prosesor Andal Untuk Para Antusias Audio Mobil

Jakarta, amoplusmagz.com – Peran DSP dalam menunjang audio mobil kini sudah menjadi hal yang sangat lumrah, karena di dalamnya terdapat prosesor yang memiliki kemampuan untuk mengolah sinyal audio dari berbagai parameter secara lebih terinci, sehingga dapat diperoleh kualitas audio yang lebih optimal

Dalam perkembangannya saat ini,  perangkat prosesor DSP khusus audio mobil kini  sudah beredar di pasaran, sehingga banyak pilihan, dari harga yang terjangkau sampai kelas premium. Momentum sebagai salah satu pemain audio mobil, kini merilis seri DSP-8AT yang dapat mengolah sinyal audio output 8 channel.

Saat kami unboxing Momentum DSP-8AT yang sudah masuk di lab AmoPlus. Di sini terlihat ada sebuah perangkat amplifier dengan tampilan ala Momentum yang khas warna hitam denga logo berada di tengah sasis,  di bagian lain terdapat sebuah modul berukuran kecil yang fungsinya sebagai konverter termasuk mikropon kondensor untuk keperluan kalibrasi.

Pada Momentum DSP-8AT terdapat dua sisi panel terpisah, panel satu merupakan bagian jalur input berupa koneksi RCA 4 channel, sedangkan di panel lainnya merupakan jalur output 8 channel RCA, serta disiapkan pula jalur I/O plug and play untuk jenis headunit standar.

Pada dasarnya, Momentum DSP-8AT telah menggunakan teknologi sampling rate 96 kHz/32-bit dengan prosesor inti beresolusi tinggi, floating point presisi 48-bit pada bagian DSP nya. Bahkan setiap channel audio dapat diatur menggunakan ekualiser parametrik 31 channel.

Sebelum pengujian, kami coba lakukan kalibrasi dengan modul dan mikropon yang telah disediakan, dimana semua pengaturan dapat diakses melalui software yang telah kami install di laptop. Terlihat setting audio yang sangat rinci pada tampilan softwarenya, bahkan setiap channel terkontrol secara akurat, baik pengaturan frekuensi, titik potong frekuensi, serta pengaturan delay dengan step kecil.

Setelah dilakukan kalibrasi standar, kami langsung coba di pasang pada sistem audio standar yang ada, dimana hanya kami gunakan mesin source head unit single-din ditambah jalur keluarannya digunakan sistem stereo speaker 2-way, termasuk subwoofer built-in amplifier.

Dalam setting kali ini, kami tetap mengatur DSP-8AT sesuai standar kualitas sound stage yang lebih difokuskan pada posisi driver menggunakan beberapa fasilitas time alignment serta EQ melalui software secara lebih rinci.

Hasilnya, ketika kami dengar dari tempat duduk driver, prosesor ini memang mampu menghadirkan kualitas sound stage yang tidak jongkok, alias berada di depan sejajar telinga, tentunya ini sangat nyaman. Akurasi suara yang ditampilkanpun patut diacungi jempol, karena detilnya serta efek stereo terasa cukup tebal. Ternyata diluar dugaan kami, sistem tata suara yang disuguhkan pada sesi ini, mampu menampilkan nuansa musik serasa live.

Spesifikasi :

Rentang aktif                            : ≥ 110 dB

S/N Ratio                                   : ≥ 100 dB

THD                                               : ≤ 0,05%

Freq. Response                        : 20 Hz – 20.000 Hz

Input Impedance                     : Low Leve Input: 20 KOhm, High Level Input: 240 Ohm

Power Output (4 Ohm)           : RMS 40W x 4

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.