Amoplusmagz
Momentum  D’Competition DC 500.4 Momentum  D’Competition DC 500.4
Momentum memang sebuah merek yang saat ini terkenal mempunyai power amplifier class D monoblok yang mempunyai tenaga raksasa. Untuk yang tipe SPL memang ukurannya... Momentum  D’Competition DC 500.4

Persaingan power berukuran kecil semakin kompetitif. Tapi power kecil dengan tenaga besar, Momentum jawabannya.

Amoplus Magazine – Banyak pemilik mobil ingin menguprade audio di kendaraannya tapi tidak mau ruang di mobilnya tersita oleh berjejalnya perangkat audio. Ukuran yang mini menjadi pilihan. Kini banyak power amplifier berukuran tersebut yang beredar. Tentu saja dengan ukuran yang relatif kecil, tenaga yang dapat disalurkan juga kecil. Sayangnya masih banyak speaker-speaker bagus yang perlu tenaga besar. Penggunanan power yang bertenaga kecil akan mengakibatkan speaker tersebut menjadi kurang kontrol, sehingga reproduksi suaranya jadi tidak maksimal.

Momentum memang sebuah merek yang saat ini terkenal mempunyai power amplifier class D monoblok yang mempunyai tenaga raksasa. Untuk yang tipe SPL memang ukurannya juga sebanding dengan tenaga yang dikeluarkannya. Berbeda dengan tipe DC 500.4 ini yang merupakan power amplifier full range, ukurannya malah terbilang kecil.

Dimensinya hanya 28×17,5×5,2 cm saja, tapi daya yang dikeluarkan sampai dengan 130 Watt per kanalnya. Bahkan kalau di bridge tenaganya bisa melonjak menjadi 400 Watt x 2 kanal. Momentum tipe DC 500.4 sebuah power amplifier kecil yang tenganya melebihi ukurannya.

Rahasianya power ini adalah power amplifier kelas D, Digital, yang mempunyai efisiensi tinggi. Jadi dengan tenaga yang kecil, mampu menghasilkan penguatan yang besar.

Produk Test

Awalnya kami agak sangsi dengan power ini. Maklum umumnya yang kami coba, power amplifier class D umumnya hanya untuk mendrive subwoofer. Yang hanya bagus untuk frekuensi rendah dan mempunyai tenaga yang ekstra besar. Jadi singkatnya kalau tenaganya besar, hanya untuk frekeunsi rendah saja. Tapi Bapak Jaka Sendrawan dari Massindo Mentari meyakinkan kami bahwa DC 500.4 adalah sebuah power yang layak untuk dicoba.

Untuk pengetesan kali ini kami menggunakan perangkat bantu speaker Fabulous Acoustic FA2 lengkap dengan crossover passivenya dan sebuah subwoofer. Untuk head unit kami gunakan merek Alpine.

Setelah semua dirangkai lengkap, power supply kami hidupkan. Tray CD kami masukkan album David Rooth yang berisi rekaman vokal dan suara instrumen gitar. Jujur kami cukup kaget dengan reproduksi suaranya. Detail yang ada terasa nyata dan sangat rapih. Kemudian kami putar cd yang berisi lagu Mandarin yang memiliki instrumen kecapi, hasil yang detail juga tersaji di hadapan kami.

Yang juga kami perhatikan adalah kontrol speaker. Tampak DC 500.4 mempunyai kontrol yang baik. Tidak tampak kedodoran gerakan maju mundur konus dapat di kontrol dengan baik. Terasa sekali ketika kami putar Greatest Hits of Basso. Gebukan tambur di repro bersih tak berlebih.

Untuk kelas power amplifier digital yang harganya sekitar lima jutaaan, Momentum DC 500.4 layak untuk menjadi salah satu pilihan. Apalagi jika melihat ukurannya yang kecil, penempatannya menjadi mudah.

AmoPlus Lab

Dari pengukuran RTA langsung dari output keluarannya terlihat power ini tampak rata. Dengan kata lain mudah untuk diatur pada penggunaan di dalam mobil. Hanya perlu diperhatikan juga penggunaan driver tweeter, perlu digunakan driver yang bersuara lembut, untuk mengimbanginya.

SPESIFIKASI: 

  • Power Output   130 W x 4 @4Ohm
  • 200 W x 4 @2Ohm
  • 400 W x 2 @ 4Ohm
  • HPF 12db/Oct  20Hz-5kHz
  • LPF 12dB/Oct  50Hz-5kHz
  • Frequency Response (+/- 1dB) 20Hz-20kHz
  • Channel Separation 55dB
  • Input sensitivity 8v- 0,2V
  • Signal to Noise Ratio 105 dB
  • Power efficiency (4 Ohm) 70%
  • Fuse Rating 60A
  • Operation Voltage 8,5V – 16 V
  • Dimension 280x175x52 (mm) (LxWxH)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.