Amoplusmagz
Momentum 12K.LV Momentum 12K.LV
Amoplus Magazine - Dari inisial serinya, power amplifier keluaran Momentum 12K.LV memang dirancang untuk dapat menghasilkan daya keluaran sebesar 12.000 watt! Wow daya... Momentum 12K.LV

Power Amplifier Monoblok Daya Raksasa 12.000 Watt!

Amoplus Magazine – Selain kita kenal power amplifier 4 channel atau 2 channel, kita juga mengenal istilah power monoblok yang dirancang hanya untuk 1 channel. Mungkin penerapannya memang agak sedikit berbeda antara power monoblok untuk rumahan dengan untuk di sistem audio mobil, karena untuk membentuk sistem stereo maka diperlukan 2 power monoblok, dan itu biasa terjadi di audio rumah. Lain halnya untuk audio mobil, biasanya dirancang untuk menangani driver subwoofer yang memerlukan daya besar.

Momentum-1

Pada umumnya, power amplifier monoblok untuk sistem audio mobil dikemas dengan kemampuan daya yang cenderung besar serta mampu bekerja dengan impedansi rendah, seperti jenis amplifier monoblok yang kami terima kali ini.

Dari inisial serinya, power amplifier keluaran Momentum 12K.LV memang dirancang untuk dapat menghasilkan daya keluaran sebesar 12.000 watt! Wow daya yang sangat besar untuk satu unit perangkat penguat daya.

Momentum-4

Momentum-1

Dilihat dari tongkrongannya memang tidak dapat disangsikan bahwa power amplifier dengan casing menjulur hampir satu meter ini ternyata sarat dengan komponen di dalamnya. Ini juga kami buktikan ketika casing dibuka, terdapat 10 buah trafo toroid berjajar hampir memenuhi sirkuit PCB, diimbangi pula dengan 24 buah kapasitor  1.800 mikro farad sebagai penunjang rangkaian catu daya , belum lagi untuk komponen penguat akhir berupa mosfet yang berjajar mengelilingi heatsink layaknya sebuah perisai.

Momentum-3

Dengan daya sebesar itu, Momentum 12K.LV sangat tepat untuk menghandel multi driver sub, sehingga pembangkit nada infra bas yang dibutuhkan kami anggap sudah mumpuni, apalagi dengan kemampuan untuk dikonfigurasi mencapai impedansi 1 ohm alias mendekati korslet, tentunya dapat disetting sesuai kebutuhan.

Momentum-5

Walau dikemas sebagai power monoblok, Momentum 12K.LV ternyata dipersenjatai dengan fitur pengaturan yang cukup memadai, selain kontrol gain, juga terdapat pengatur filter subsonic yang dapat diatur antara 10 – 50 Hz serta bassboost mencapai 9 dB. Terdapat pula pengatur LPF yang dapat disetting pada tanggapan frekuensi antara 35 – 250 Hz, dan untuk keperluan tertentu untuk menyesuaikan model subwoofer yang digunakan, maka difasilitasi dengan switch pembalik fasa.

Momentum-2

Di bagian sisi lain hanya terdapat 3 pasang jalur catu daya, dimana 2 masukan aki dirancang secara terpisah, sedangkan yang satunya sebagai power remote. Sedangkan untuk jalur keluaran speaker berada satu panel dengan pengaturan, dan disediakan 4 buah lubang terminal untuk dua driver sub.

Momentum

Spesifikasi

Max Power       1 ohm mono    12.000 watt x 1 ch

RMS Power      1 ohm mono      9.900 watt x 1 ch

RMS Power      2 ohm mono      5.600 watt x 1 ch

RMS Power      4 ohm mono      3. 030 watt x 1 ch

Frequency Response    15- 270 Hz

Input level 0.2- 6 V

Variabel filter subsonic     10- 50 Hz di 24 dB

Variabel filter lowpass       35- 250 Hz di 24 dB

Variabel filter bass boost    0- 9 dB pada 45 Hz

S/N Rasio 85 dB

Damping Factor      200 < 24 dB / octave

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.