Amoplusmagz
Mobil Terobos Banjir Menghilangkan Asuransi Mobil Terobos Banjir Menghilangkan Asuransi
Jangan anggap enteng karena hal ini juga menjadi pengecualian dari polis asuransi. Artinya, jika pengguna asuransi kendaraan berperilaku seperti di atas maka pihak asuransi... Mobil Terobos Banjir Menghilangkan Asuransi

Kendaraan yang diasuransikan sebaiknya jangan dipaksa menerobos banjir jika tak ingin klaim kerusakan hilang.

Intensitas hujan di Tanah Air mulai tinggi. Sangat penting bagi pemilik kendaraan, apalagi pengguna asuransi untuk mewaspadainya terutama jika dihadapkan dengan kondisi banjir.

Pasalnya, tak sedikit kerusakan yang terjadi akibat memaksakan kendaraan menerjang banjir. Padahal, jika melebihi ketinggian dari posisi mesin, air akan masuk ke dalam mesin dan menyebabkan water hammer.

Jangan anggap enteng karena hal ini juga menjadi pengecualian dari polis asuransi. Artinya, jika pengguna asuransi kendaraan berperilaku seperti di atas maka pihak asuransi tidak akan mengganti kerusakannya.

Hal tersebut diterangkan oleh Tanny Megah Lestari, Business Development Division Head PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Untuk itu, ia menyarankan kepada pemilik kendaraan untuk tidak melakukannya guna menghindari kerugian lebih besar.

“Sebisa mungkin jangan menerobos banjir. Apabila sengaja dan kendaraan menjadi rusak maka kendaraan tersebut masuk ke dalam pengecualian yang tidak dijamin dalam polis asuransi,” kata Tanny.

Ia juga mengimbau apabila mobil berada di dalam genangan air (banjir), sebisa mungkin jangan menyalakan mesinnya. Tunggu hingga air surut lalu telpon pihak asuransi atau derek untuk mengangkut mobil untuk diperbaiki.

Lebih lanjut, Tammy juga memberikan beberapa tips tentang persiapan berkendara di musim hujan. Pertama, perhatikan kondisi kendaraan sebelum berkendara. Mulai dari ban, lampu dan wiper. Selanjutnya, pengendara juga harus memperhatikan kondisi tubuh.

“Pengendara harus berada dalam keadaan yang fit karena berkendara dalam kondisi hujan membutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian yang lebih tinggi dibanding kondisi normal,” ujar Tanny.

Hal yang tak kalah penting adalah perlindungan asuransi. Pasalnya, meski sudah mengecek kondisi kendaraan dan menjaga kondisi tubuh, namun risiko bisa datang kapan saja. Sehingga, pengendara harus memiliki perlindungan asuransi.

Menurut Tanny, Adira Insurance memiliki produk asuransi kendaraan bermotor yang bernama Autocillin. Produk ini memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari kecelakaan di jalan raya, huru hara, kerusuhan hingga perlindungan untuk pengemudi dan penumpang kendaraan tersebut. Pengendara yang ingin mendapatkan perlindungan dari bencana alam bisa memperluas asuransinya dengan manfaat dari risiko bencana alam.

“Dengan perluasan bencana alam, pengendara bisa dijamin dari kerugian karena bencana alam, termasuk hujan es, banjir, dan lainnya. Tanpa adanya perluasan manfaat, maka tidak akan dijamin,” terang Tanny lagi.

Apabila pengendara ingin membeli polis asuransi kendaraan bermotor tersebut bisa menghubungi Adira Care atau channel penjualan milik Adira Insurance lainnya. Selain itu, Adira Insurance juga bisa memproses klaim melalui aplikasi di telepon pintar (smartphone) dengan nama Autocillin Mobile Claim. Aplikasi ini menjadikan Adira Insurance sebagai satu-satunya perusahaan asuransi yang bisa memproses klaim melalui telepon genggam.

“Pemilik kendaraan cukup memfoto bagian kendaraan yang rusak, lalu mengantar mobilnya ke bengkel. Apabila tidak memiliki waktu yang cukup ke bengkel, Adira Insurance siap melakukan pick up and delivery service untuk kendaraan pelanggan,” paparnya.

Sejauh ini, penjualan produk asuransi kendaraan bermotor Adira Insurance cukup menggembirakan. Hingga September 2018, pertumbuhan pendapatan premi asuransi

kendaraan bermotor Adira Insurance mencapai 10%

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.