Amoplusmagz
Mobil Lawas Beraudio Masa Kini Mobil Lawas Beraudio Masa Kini
Sistem audio pada mobil ini dirombak langsung di workshop SS Audio. Sistem yang dianut adalah sound quality. Mobil Lawas Beraudio Masa Kini

Mobil boleh lawas, tapi untuk urusan audio tetap harus up to date

Amoplus Magazine – Di zaman seperti sekarang ini audio seakan sudah menjadi suatu kebutuhan yang mutlak harus ada pada setiap mobil. Betapa tidak, satu-satunya sarana hiburan yang paling tepat untuk dinikmati saat berkendara adalah audio ini. Maka dari itu apapun jenis mobilnya haruslah memiliki sistem audio yang mumpuni, agar dapat benar-benar dinikmati oleh penggunannya.

BMW merah yang kami muat pada bahasan ini bisa dikatakan sudah bukan lagi mobil keluaran terbaru. Pada dasarnya BMW juga sebetulnya telah membekalkan seperangkat sistem audio standard pada mobil keluaranya ini. Namun karena pemilik mobil ini merupakan seorang pecinta audio, ia merasa kurang puas dengan performa sistem audio standard. Karena hal itu ia bermaksud mengakalinya dengan melakukan upgrade.

Sistem audio pada mobil ini dirombak langsung di workshop SS Audio. Sistem yang dianut adalah sound quality. Mengenai perangkat-perangkat audio yang diaplikasikan pada mobil ini tidak hanya berasal dari satu brand saja. Sang installer telah meraciknya guna mendapatkan karakter suara seperti yang diinginkan oleh sang pemilik.

Pada slot pemutar file, ada perangkat single din dari Pioneer yang terpasang pada bagian depan. Meski kini eranya head unit double din, tapi sang pemilik tetap mempercayakan sektor ini pada head unit single din dari Pioneer.

Di sektor speaker, untuk bagian depan terpasang satu set komposisi 2way dari BeWith. Tweeter ditempatkan di pilar A. Sementara untuk midbass diposisikan pada doortrim. Ada treatment khusus yang dilakukan pada saat pemasangan midbass pada doortrim. Di posisi ini sebelum midbass benar-benar dimasukan pada slot-nya, sebelumnya terlebih dahulu si midbass dibuatkan semacam buffle. Tujuannya adalah agar si midbass dapat bekerja lebih optimal, dan suaranya bisa terdengar lebih rendah.

Untuk perangkat penguat suara, ada dua amplifier Venom seri Intelligent yang dioprasikan pada mobil ini. Keduanya ditempatkan di bagian bagasi. Masing-masing kanal dari amplifier tersebut mengemban tugas untuk menghidupkan speaker-speaker yang terpasang di mobil ini.

Secara keseluruhan tampilan si mobil memang tetap terlihat lawas. Namun secara suara, performa sistem audio pada mobil ini sudah memiliki kualitas di atas rata-rata. Pemiliknya ingin meskipun tampilan mobilnya tak terlalu “update” tapi kalau untuk urusan audio-nya tetap harus “update”.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.