Amoplusmagz
Mobil Jepang Rasa Eropa – Cartens Audio Jakarta Mobil Jepang Rasa Eropa – Cartens Audio Jakarta
Innova ini merupakan mobil yang system audionya digarap oleh workshop Cartens Audio. Sistemnya menganut aliran SQ. Sang pemilik yang bernama Taufik memang mempercayakan sepenuhnya... Mobil Jepang Rasa Eropa – Cartens Audio Jakarta

Kendati mobilnya produksi Jepang namun system audio di dalamnya dibangun dari perangkat-perangkat asal Eropa.

Amoplus Magazine – Innova ini merupakan mobil yang system audionya digarap oleh workshop Cartens Audio. Sistemnya menganut aliran SQ. Sang pemilik yang bernama Taufik memang mempercayakan sepenuhnya soal penggarapan audio di mobilnya ini pada workshop yang berlokasi di bilangan Fatmawati, Jakarta Selatan tersebut. Soal konsep hingga pemilihan perangkat ia sesuaikan dengan selera musikalitasnya.

Meski Innova ini sejatinya merupakan mobil buatan Jepang namun untuk urusan audio sang pemilik lebih mempercayakannya pada produk-produk asal Eropa. Hal itu menjadikannya mobil Jepang yang terasa seperti Eropa. Beberapa merek produk asal Eropa terlihat begitu mendominasi sector audio pada mobil ini. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa saja yang tertanam, kami coba berikan ulasannya sebagai berikut.

Satu-satunya produk audio yang bukan berasal dari Eropa pada Innova ini mungkin hanyalah head unitnya saja. Yap, head unit pada mobil ini adalah Kenwood seri DDX919WS. Kemudian untuk mengisi suara di kabin depan sang pemilik mempercayakannya pada speaker split 3way dari Focal Utopia M.

Selain di kabin bagian depan penggunaan speaker Focal juga masih kita dapati di kabin bagian belakang. Penggunaan speaker pada bagian ini sih sebetulnya untuk opsional saja jika sewaktu-waktu sang pemilik ingin menikmati audionya di bangku belakang.

Kemudian lanjut ke area paling belakang atau bagasi. Sejatinya Innova ini merupakan mobil yang memiliki tiga baris bangku. Namun disini bangku baris ketiga nampaknya telah dipensiunkan oleh sang pemilik. Slotnya kini diisi oleh perangkat-perangkat audio. Yang tertanam pada bangian ini antara lain ada dua subwoofer, tiga amplifier, satu prosesor, hingga distribution blok.

Subwoofer yang digunakan pada mobil ini adalah Ground Zero Plutonium 10SQ. Subwoofer ini sejatinya memang didesain untuk bermain di genre SQ. Kenapa berjumlah dua? Tujuannya tak lain adalah untuk mendapat suara bass yang lebih extend hingga dapat terasa lebih “mengena” sampai di kabin depan.

Soal amplifier, yang digunakan di sini masih dari brand Ground Zero. Total ada tiga amplifier Ground Zero diaplikasikan pada Innova ini. Dua merupakan seri  GZPA 4SQ yang didaulat untuk mendrive speaker split. Satu lainnya merupakan monoblok seri GZCA3.0K SPL yang dalam hal ini bertugas sebagai penyuplai daya untuk dua subwoofer. Meski dari segi bentuk kelihatannya jauh lebih kecil namun GZCA3.0K SPL sejatinya memiliki tenaga yang cukup besar. Maka dari itu ia bisa diandalkan untuk mendrive dua subwoofer sekaligus.

Satu perangkat yang peranannya cukup penting pada system audio di mobil ini adalah prosesor Helix DSP Pro MK2. Perangkat inilah yang berperan sebagai pengolah suara pada system audio di mobil ini. Berkatnya sang pemilik jadi bisa merasakan alunan music di dalam kabin mobilnya ini  jadi lebih tertata, dan terasa lebih nyata.

Terakhir adalah sector perkabelan. Meski kerap dianggap remeh nyatanya kabel juga memiliki peranan cukup penting untuk menjadikan system audio bekerja dengan baik. Dengan pemilihan kabel yang tepat maka audio dapat menghasilkan suara lebih baik. Pada mobil ini kabel yang digunakan adalah Harmonic Harmony. Kabel tersebut sejatinya memang didesain untuk audio. Bila kita coba telisik lebih dalam maka kita akan menemukan letak perbedaan dari desainnya.

Secara keseluruhan system audio yang terpasang berhasil menjadikan mobil Jepang ini terasa seperti mobil Eropa. Terlebih saat audionya mulai dibunyikan. Secara installasi semuanya juga terlihat begitu rapih dan rigid. Meski bukan dibuat untuk kompetisi namun sesekali bisa juga diterjunkan ke ranah tersebut. Karena bila secara spesifikasi sejatinya apa yang terpasang sudah lebih dari kata layak untuk ikut serta dalam sebuah kompetisi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

16 − 15 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.