Amoplusmagz
Mobil Idaman Keluarga Mobil Idaman Keluarga
Amoplus Magazine - Vellfire merupakan salah satu mobil keluarga yang dikeluarkan oleh Toyota. Di Indonesia sendiri selain sebagai mobil keluarga, mobil ini banyak digunakan... Mobil Idaman Keluarga

Sarana hiburan tepat untuk diaplikasikan di mobil keluarga

Amoplus Magazine – Vellfire merupakan salah satu mobil keluarga yang dikeluarkan oleh Toyota. Di Indonesia sendiri selain sebagai mobil keluarga, mobil ini banyak digunakan oleh kaum eksekutif yang notabene memiliki mobilitas tinggi. Suasana mewah tersaji dibagian dalam mobil. Namun bila tidak didukung dengan sarana hiburan yang mumpuni tetap saja rasanya hambar, bagai sayur tanpa garam. Karena hal itulah pemilik mobil ini akhirnya memutuskan untuk sedikit memodifikasi sektor audio di mobil miliknya ini. Seluruh proses pengerjaan dipercayakan pada workshop Bronson Audio yang terletak di bilangan Jakarta Barat.

Vellfire-Bronson-Audio-Dashboard

Vellfire-Bronson-Audio-FrontSystem

Sistem yang diusung lebih condong ke arah SQ. Namun jika biasanya SQ disetting di bagian depan, pada mobil ini SQ disetting untuk second row. Khususnya di Indonesia, tipikal mobil besar seperti Vellfire ini biasanya dikemudikan oleh seorang driver. Pemilik dan keluarganya biasanya duduk di second row kebelakang. Hal tersebutlah yang membuat tim installer dari Bronson Audio akhirnya memutuskan untuk melakukan setting SQ di second row.

Vellfire-Bronson-Audio-HU

Vellfire-Bronson-Audio-Tweeter-Midrange

Pada bagian head unit, HU standard bawan mobil kini posisinya digantikan oleh perangkat lansiran Alpine seri i1090. Selain fitur yang mumpuni, perangkat Alpine satu ini juga dibekali dengan ukuran layar yang cukup besar, sehingga kami rasa sangat tepat bila dipadankan dengan Vellfire yang sejatinya juga bertubuh besar.

Vellfire-Bronson-Audio-Tweeter-Midrange-1

Pengaplikasian speaker 3way pada mobil ini dilakukan pada pilar B. Midbass ditempatkan di doortrim sementara midrange dan tweeter diposisikan di pilar. Komposisinya kurang lebih sama seperti komposisi yang biasanya digunakan di kabin depan. Hanya saja pada mobil ini komposisi tersebut digeser sedikit ke belakang, jadi di second row. Speaker yang ditempatkan di bagian ini menggunakan speaker Flux Reference.

Vellfire-Bronson-Audio-Amplifier

Vellfire-Bronson-Audio

Di barisan paling belakang sang installer turut menambahkan satu set speaker 2way dari Flux. Penambahan speaker di bagian ini sih sebetulnya tujuannya agar sebaran suara lebih merata saja ketika semua bangku terisi penumpang. Sewaktu-waktu speaker pada bagian ini dapat dinonaktifkan melalui fitur prosesor. Tujuannya supaya suara yang diperdengarkan dapat lebih terfokus pada satu titik, yaitu dibangku pendengar yang telah ditentukan. Dengan begitu SQ-nya tetap bisa dinikmati.

Vellfire-Bronson-Audio-Subwoofer

Oh ya, ada satu subwoofer ditanamkan di bagian belakang. Box-nya dibuat sealed dengan posisi terbenam di bawah. Sekilas memang tak terlihat, karena posisinya benar-benar rata dengan lantai. Dengan begitu keberadaannya tak sampai mengganggu fungsi area bagasi.

Untuk menyuplai daya pada speaker-speaker yang terpasang, ada 3 amplifier Mosconi diaplikasikan pada mobil besar ini. Masing-masing adalah dua seri Zero 4, dan satu seri AS100.4. Ketiganya ditempatkan di bawah bangku.

Bila sudah jadi seperti ini, kami yakin akan banyak keluarga mengidam-idamkan mobil ini. Selain suasana mewah yang tersaji, saran hiburannya pun mumpuni. Setiap perjalanan jauh yang biasanya terasa membosankan kini akan berubah menjadi menyenangkan berkat semua kenyamanan yang tersaji didalamnya.

Vellfire-Bronson-Audio-Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.