Amoplusmagz
Mobil Harian Jadi Kuda Hitam Dalam Kontes Mobil Harian Jadi Kuda Hitam Dalam Kontes
Tepatnya di workshop Gema Audio mobil ini dibangun. Sistemnya menganut aliran SQ. Komposisinya memang terlihat sederhana, tapi untuk urusan suara tentunya tak bisa dipandang... Mobil Harian Jadi Kuda Hitam Dalam Kontes

Jangan lihat komposisinya yang sederhana, tapi lihatlah prestasi yang telah diraihnya

Amoplus Magazine – Innova ini merupakan milik dari seorang eksekutif muda yang sehari-harinya berlalu lalang di Jakarta. Awalnya ia membangun audio hanya untuk sarana penghiburnya saja saat dalam perjalanan. Namun lama kelamaan rupanya ia mulai jatuh hati pada dunia audio. Singkat cerita ia ingin memiliki sistem audio yang mumpuni di mobilnya ini. Nyaman untuk harian namun juga bisa diandalkan bila sewaktu waktu diterjunkan dalam kontes.

Owner
HU

Tepatnya di workshop Gema Audio mobil ini dibangun. Sistemnya menganut aliran SQ. Komposisinya memang terlihat sederhana, tapi untuk urusan suara tentunya tak bisa dipandang sebelah mata. Mobil ini telah buktikan bahwa dirinya mampu bersaing di ranah kompetisi. Bahkan sejumlah trophy telah berhasil dibawanya pulang. Hal tersebut mengindikasikan bahwa audio didalamnya tak bisa dianggap remeh.

Front-System

Perihal perangkat, semua yang tertanam di Innova ini kini sudah menggunakan perangkat after market. Dalam arti lain perangkat audio standard bawaan mobil semuanya telah dipensiunkan. Misalnya saja di sektor head unit, kini slot-nya telah diisi oleh head unit double din keluaran Pioneer.

Tweeter
fullrange

Sebagai penghasil suara di kabin depan ada satu set speaker 2way lansiran Genetic. Speaker 2way tersebut terdiri dari komposisi midbass dan fullrange. Untuk penempatannya sih hampir serupa dengan penempatan speaker 2way pada umumnya, midbass di doortrim dan fullrange di pilar A.  Khusus untuk penempatan midbass, positioningnya sedikit diubah. Trim pintu depan sedikit dimodifikasi untuk membentuk box midbass. Hal tersebut dimaksudkan agar si midbass dapat bekerja lebih optimal ke area frekuensi yang lebih rendah.

Subwoofer

Di bagian subwoofer ada perangkat lansiran Crescendo. Pada mobil ini ia ditempatkan di area paling belakang mengenakan box sealed. Selain subwoofer ini tak ada perangkat apapun lagi di bagian belakang. Dengan begitu masih banyak space tersedia di bagian belakang mobil ini, dan tentunya masih bisa dipergunakan sebagaimana mestinya.

Amplifier

Untuk mendrive speaker-speaker yang terpasang, ada dua amplifier diaplikasikan di Innova ini. Masing-masing adalah amplifier Genetic 4.100 (untuk drive midbass dan fullrange), dan amplifier Genesis Dual Mono (untuk drive subwoofer).  Satu lagi perangkat yang perannya tak kalah vital pada Innova ini adalah prosesor Vox Pro Six. Ia mengemban tugas sebagai perangkat pengolah suara.

Amplifier dan prosesor pada mobil ini ditempatkan tersembunyi di bawah jok depan. Dengan begitu kesan minimalis dan sederhana terlihat jelas pada rombakan audio di Innova ini. Meski begitu jangan remehkan suaranya. Prestasi yang didapat telah membuktikan bahwa dirinya tak bisa dipandang sebelah mata.

Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.