Amoplusmagz
Mixing Perangkat Beda Brand Mixing Perangkat Beda Brand
Amoplus Magazine - Meskipun secara garis besar memiliki fungsi yang sama, namun pada kenyataannya setiap brand selalu hadir dengan ciri khasnya masing-masing. Karakter yang... Mixing Perangkat Beda Brand

Menyatukan rasa dari merek perangkat yang berbeda. Bisakah semuanya berjalan seirama ?

Amoplus Magazine – Meskipun secara garis besar memiliki fungsi yang sama, namun pada kenyataannya setiap brand selalu hadir dengan ciri khasnya masing-masing. Karakter yang dimunculkan seakan menjadi sebuah identitas bagi suatu merek. Namun apa jadinya bila perbedaan tersebut coba disatukan, akankah semuanya bisa berjalan seirama ? Gagasan tersebut telah coba diterapkan oleh tim Mega Audio dalam merombak sistem audio di Nissan Navara ini.

Navara-HU

Setiap lini pada susunan sistem audio di mobil ini diisi oleh perangkat berbeda merek. Hal tersebut didasarkan pada selera musikalitas sang pemilik mobil. Johny Chandra selaku kreator yang menangani mobil ini hanya mengikuti keinginan customernya saja, sambil sesekali memberikan arahan mengenai perangkat seperti apa yang cocok disematkan di mobil customernya tersebut. Tentunya yang sesuai dengan selera musikalitasnya. Sebelum mobil ini dibangun, terlebih dahulu sang pemilik mengutarakan selera musik yang disukainya. Dari mulai genre hingga ke detail-detail yang lainnya. Dari hal itulah sang installer mulai memiliki gambaran mengenai skema seperti apa yang hendak diterapkannya di Nissan Navara ini.

Navara-FrontSystem

Navara-Tweeter-Midrange

Speaker depan
Untuk mendapatkan hasil suara yang sesuai dengan selera pemilik, speaker 3 way yang diaplikasikan di area depan diisi oleh tiga brand sekaligus. Slot tweeter diisi oleh Focal Beryllium yang dikenal memiliki detail di frekuensi tinggi yang baik. Sedangkan untuk midrange perangkat yang lebih dominan mengeluarkan suara vocal ditempati oleh Micro Precision. Pemilik menilai midrange tersebut pas dengan karakter vocal yang diinginkannya. Suaranya tak terlalu tebal atau pun terlalu tipis. Perangkat terakhir yang mengisi line up 3 way di mobil ini adalah midbass Seas Excel.

Navara-Amplifier

Amplifier
Sebagai penyuplai daya untuk speaker dibebankan pada tiga amplifier Genesis. Masing-masing dari mereka adalah satu amplifier empat kanal yang mendrive tweeter dan midrange. Serta dua lainnya adalah dual mono yang bertugas menggerakan midbass dan subwoofer.

Navara-Subwoofer

Subwoofer
Lain speaker depan, lain amplifier, lain juga untuk subwoofernya. Ya.. perangkat penyembur suara bass di mobil ini diisi oleh JL Audio. Sang pemilik menyukai karakter gebukannya yang empuk dan responsive.

Navara

Setiap lini pada susunan audio yang diaplikasikan di mobil ini memang diisi oleh merek dan juga karakter yang berbeda. Namun sejatinya dari perbedaan tersebut justru memberikan warna tersendiri. Musik adalah soal selera. Dan untuk dapat benar-benar dapat menikmatinya, tentu kita harus bisa membangun sebuah sistem audio yang sesuai dengan selera mesikalitas kita. Tak masalah bila di dalamnya terpasang berbagai macam merek perangkat. Selama hasilnya sesuai kita pasti merasa nyaman dengan sistem yang telah dibangun.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + 17 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.