Amoplusmagz
Mix Max Perangkat Sesuai Selera Mix Max Perangkat Sesuai Selera
Sang pemilik awalnya membangun mobil ini hanya untuk penggunaan harian saja. Sistem yang dianut adalah SQ. Mix Max Perangkat Sesuai Selera

Padukan beberapa merek perangkat demi dapatkan suara sesuai selera

Amoplus Magazine – Dalam hal apapun setiap orang pasti memiliki selera yang berbeda-beda. Tak terkecuali dalam hal audio. Ketika seseorang menginginkan audio yang sesuai dengan seleranya, maka biasanya mereka akan meracik sendiri system audio tersebut menggunakan perangkat-perangkat pilihannya. Seperti yang dilakukan oleh pemilik Nissan livina ini.

Sang pemilik awalnya membangun mobil ini hanya untuk penggunaan harian saja. Sistem yang dianut adalah SQ. Memang ia tak membangun sendiri mobil ini. Ia hanya mengutarakan selera musikalitasnya pada sang installer kemudian coba memilih beberapa perangkat yang sesuai dengan seleranya tersebut. Untuk eksekusinya dilakukan oleh tim dari Pesona Audio yang mermarkas di kawasan Pos Pengumben, Jakarta Barat.

Bila dilihat secara line up yang digunakan, dari mulai head unit sampai dengan speaker yang terpasang di mobil ini terdiri dari beberapa merek berbeda. Seperti misalnya pada slot head unit yang diisi oleh Pioneer DEX-P99RS. Dalam hal reproduksi suara head unit yang satu ini memiliki fitur-fitur yang terbilang mumpuni. Beberapa fitur yang paling banyak diperlukan oleh kalangan pecinta car audio adalah fitur time alignment, equalizer dan crossover. Fitur tersebut sudah tersedia pada head unit besutan Pioneer yang satu ini. Jadi dalam arti lain selain sebagai pemutar file, head unit yang satu ini juga bisa diandalkan untuk mengolah output suara.

Pada sektor penguat suara kita melihat ada dua merek berbeda yang diaplikasikan pada Livina ini. Mereka adalah Zapco dan McIntosh. Keduanya ditempatkan di area paling belakang mobil. Pada skema yang diaplikasikan kedua amplifier tersebut ditugaskan untuk mendrive speaker 3way ScanSpeak yang berada di kabin depan, dan satu subwoofer yang diletakan di bawah bangku.

Dalam tahap pemasangan speaker depan, khusus untuk penempatan midbass doortrim Livina ini dibuatkan semacam buffle untuk tempat bersarangnya midbass. Dengan seperti itu maka performa si midbass bisa lebih optimal. Penempatan midrange dan tweeter dilakukan seperti biasanya, yaitu diposisikan di pliar A.

Secara keseluruhan penyusunan tiap perangkat yang dilakukan pada mobil ini terlihat rapi. Untuk urusan suara, meski terdiri dari beberapa merek perangkat yang berbeda, sang installer berhasil membuat keseluruhannya menjadi satu padu. Jadi saat didengarkan suara yang dihasilkan tetap terdengar nyaman di telinga.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.