Amoplusmagz
Mix & Match For Daily Use Mix & Match For Daily Use
Audio di Avanza ini dibangun oleh workshop Auto Maximus, Jakarta Barat. Genre yang dipilih adalah Sound Quality (SQ). Meski rombakannya terbilang simple tapi sang... Mix & Match For Daily Use

Gunakan perangkat campuran sebagai formula harian

Amoplus Magazine – Seperti rombakannya yang terlihat simple, budget yang digunakan untuk pembangunan audio di mobil ini pun terbilang minimalis. Konsepnya lebih diarahkan untuk penggunaan harian. Meski tak jarang pula sosoknya diikut sertakan dalam sebuah kontes car audio oleh pemiliknya.

Audio di Avanza ini dibangun oleh workshop Auto Maximus, Jakarta Barat. Genre yang dipilih adalah Sound Quality (SQ). Meski rombakannya terbilang simple tapi sang pemilik memilih untuk tetap mempensiunkan satu baris bangku belakang pada mobilnya ini. Salah satu alasannya adalah agar area bagasi tetap luas. Pasalnya di belakang sebagian area digunakan untuk menempatkan subwoofer beserta box sealed-nya. Setidaknya karena hal tersebut area bagasi pada mobil ini sedikit tersita space-nya.

Di posisi mainsource terpasang head unit double din dari Pioneer. Selain dari segi harga yang masih terbilang ekonomis, head unit satu ini juga telah memiliki segudang fitur terkini yang mumpuni. Salah satunya karena hal tersebutlah perangkat ini dipilih oleh sang pemilik untuk mengisi posisi mainsource.

Penghasil suara di kabin depan dipercayakan pada speaker dengan komposisi 3way. Biasanya pada komposisi 3way penghasil suara di frekuensi menengah ditugaskan pada midrange. Namun lain halnya dengan yang diaplikasikan pada Avanza ini. Disini posisi midrange digantikan dengan fullrange Reverb Acoustic. Salah satu kelebihan dari fullrange adalah rentang ftrekuensinya yang lebih lebar.

Speaker 3way yang terpasang di kabin depan digerakan oleh satu unit amplifier 4 kanal. Sementara itu untuk subwoofer didrive oleh amplifier Venom seri VO500.1. Semua amplifier ditempatkan dibawah bangku depan. Dengan begitu keberadaannya tak akan terlalu banyak menyita space di bagian dalam mobil ini.

Meski konsepnya lebih ditujukan untuk penggunaan harian, tapi beberapa kali mobil ini sempat mencicipi ketatnya persaingan di arena kompetisi. Dari beberapa kontes yang pernah diikuti, sejumlah trophy berhasil dibawanya pulang. Hal tersebut menunjukan bahwa sistem yang terpasang tak semata-mata nyaman untuk konsumsi harian, melainkan juga mampu diandalkan saat diturunkan di arena kompetisi.

Konsepnya simple, dan budget pembangunannya pun masih terbilang bersahabat. Bagi para pembaca yang mungkin sedang mencari referensi untuk pembangunan sistem simple, yang terpasang di Avanza ini bisa dijadikan salah satu referensinya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.