Amoplusmagz
Minibus Bersuara Memukau Minibus Bersuara Memukau
Amoplus Magazine - Hyundai H1 merupakan salah satu mobil yang masuk kategori minibus. Sosoknya yang besar memang didesain agar mobil ini mampu menampung lebih... Minibus Bersuara Memukau

Bila sudah seperti ini, kami yakin banyak pecinta car audio akan mendambakan mobil ini

Amoplus Magazine – Hyundai H1 merupakan salah satu mobil yang masuk kategori minibus. Sosoknya yang besar memang didesain agar mobil ini mampu menampung lebih banyak penumpang didalamnya. Di Indonesia sendiri mobil seperti ini biasanya digunakan sebagai mobil keluarga, mengingat area dalalamnya yang begitu leluasa. Namun seperti apakah jadinya jika ia dijadikan sebagai mobil tempur di dunia car audio ?

H1-MA-frontSystem

Kami menemukan sosok H1 putih ini terparkir tepat didepan workshop Mega Audio di bilangan Jakarta Barat. Mobil ini sempat beberapa kali diikut sertakan dalam kontes car audio. Dan hasilnya sungguh mengejutkan. Pada beberapa kategori yang dikonteskan mobil ini berhasil keluar sebagai juara utamanya. Tentu hal tersebut mengundang rasa penasaran kami. Karena itu kami menyempatkan diri untuk menyambanginya langsung di workshop tempatnya digarap, di Mega Audio.

Genre yang dianut adalah sound quality. Setelah “membedah” bagian dalamnya, kami berhasil menemukan jawaban atas rasa penasaran kami. Selain komposisi audio yang dibuat sangat presisi, banyak treatment yang dilakukan pada mobil ini. Berkat hal tersebut output suara yang dihasilkan menjadi terasa lebih sedap diterima telinga.

Slot head unit pada mobil ini diisi oleh head unit single din dari Denon DCT100 dan Sony HiRes. Keduanya memang perangkat yang memiliki pembawaan yang baik untuk sound quality. Sebagai pengolah suaranya dibebankan pada prosesor Alpine PXA-H800.

Hampir serupa dengan pemasangan speaker 3way pada umumnya, pada mobil ini pun speaker 3way dipasangkan dengan komposisi midbass di doortrim, dan midrange serta tweeter di pilar A. Yang berbeda adalah pada mobil ini ada tambahan super tweeter lansiran Sony. Menurut sang installer perangkat tersebut bisa menghasilkan ambience yang baik jika dipasangkan dalam sistem audio mobil.

Lanjut ke bagian belakang, disini kita akan disampakan dengan sosok kubus hitam besar yang setiap sisinya dikelilingi oleh speaker. Itu adalah subwoofer dengan passive radiator. Sebetulnya subwoofernya hanya satu, hanya bentuk box-nya saja yang dibuat seperti itu. Tujuannya adalah agar suara bass bisa terasa lebih rendah.

Dari komposisi seperti ini mobil ini telah berhasil membawa pulang beberapa trophy bergengsi di dunia car audio. Bukan tak mungkin untuk kedepannya akan lebih banyak lagi trophy yang berhasil ia rumahkan. Bila sudah seperti ini kami yakin akan banyak pecinta car audio yang mendambakan mobil ini. Bagaimana tidak, sosoknya pas untuk mobil keluarga, ditambah dengan sistem audio yang mumpuni tentu suasana dalam mobil ini akan terasa sangat nyaman saat diajak berkendara.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.