Amoplusmagz
Mengusung Sistem Audio Mobil Yang Siap Berkompetisi Mengusung Sistem Audio Mobil Yang Siap Berkompetisi
Jakarta, amoplusmagz.com - Dalam membangun sistem audio mobil, ternyata tidak saja mengandalkan workshop semata, karena dibutuhkan sebuah ikatan batin yang kuat antara owner mobil... Mengusung Sistem Audio Mobil Yang Siap Berkompetisi

Mengusung Sistem Audio Mobil Yang Siap Berkompetisi

Jakarta, amoplusmagz.com – Dalam membangun sistem audio mobil, ternyata tidak saja mengandalkan workshop semata, karena dibutuhkan sebuah ikatan batin yang kuat antara owner mobil dengan sang Installer,  agar terjalin komunikasi yang lancer, sehingga diperoleh hasil kolaborasi yang optimal.

Untuk seorang pemilik mobil yang telah malang melintang dalam mengikuti setiap ajang kompetisi audio mobil, Yanto Gosong mungkin bukan muka baru, terutama prestasinya yang sudah menjuarai berbagai even, sehingga untuk mobil Honda HRV-nya kali ini juga dipercayakan kepada Concerto – Surabaya sebagai partner workshopnya.

Sistem audio yang dibangun kali ini mengusung konsep sound quality (SQ) dengan beberapa modifikasi melalui konfigurasi berbagai brand sebagai perangkat penunjangnya. Untuk headunit yang digunakan merupakan produk Alpine legendaris dari seri Halo 9, sesuai namanya, single-Din ini memiliki layar lcd berukuran 9 inci, cukup besar untuk sebuah monitor dengan kemampuan multimedia receiver yang dibekali oleh teknologi nirkabel untuk mengakses Apple CarPlay atau Android Auto melalui fitur Bluetooth terbaru.

Pada bagian front speaker digunakan merek Flux dengan sistem 3-way, dimana posisi driver tweeter dan midrang ditempatkan di bagian pilar, sedangkan untuk midbasnya dipasang di bagian doortrim. Konfigurasi sistem secara keseluruhan diproses oleh sebuah prosesor Audison Virtuoso yang didedikasikan untuk proyek instalasi audio ambisius untuk sistem Hi-End.

Sebagai penguat daya untuk menggerakkan speaker yang terpasan, ada dua power amplifier yang diaplikasikan di mobil ini. Yang pertama adalah amplifier Bevalor C6 dan Bevalor M1000. Untuk Bevalor C6 ditugaskan mendrive speaker Flux melalui konfigurasi 3-way secara aktif, artinya pembagian frekuensinya diatur langsung melalui amplifier.

Power amplifier satu lagi Bevalor Im1000 yang bertugas untuk memboost subwoofer Focal 27V2, sebuah driver sub dengan konus berukuran 11 inci (27 cm) yang penempatannya berada di kabin bagasi belakang. Secara keseluruhan, sistem audio mobil ini ditunjang oleh perkabelan dari Dios de la musica.

Dari hasil “observasi” tim AmoPlus di atas, membuktikan kalau konfigurasi dan modifikasi sistem audio yang dilakukan dengan konsep sound quality yang dominan, walau tidak menutup kemungkinan jika di”geber” menjadi SQL tetap masih dapat dijangkau, apalagi ditunjang oleh cukup banyak capasitor bank keluaran Flux yang disiapkan untuk mem-backup kestabilan arus listrik.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.