Amoplusmagz
Membuat Sesuatu Yang Berbeda Membuat Sesuatu Yang Berbeda
Amoplus Magazine - Untuk menampilkan sesuatu yang berbeda tak harus selalu dengan memperlihatkan tampak luarnya saja. Terkadang sistem audio yang baik dan notabene tak... Membuat Sesuatu Yang Berbeda

Tampil beda merupakan salah satu cara agar sesuatu tampak lebih menarik.

Amoplus Magazine – Untuk menampilkan sesuatu yang berbeda tak harus selalu dengan memperlihatkan tampak luarnya saja. Terkadang sistem audio yang baik dan notabene tak nampak dari luar juga bisa menjadi suatu pembeda. Pada era sekarang ini sepertinya memang hampir setiap mobil sudah dibekali dengan sebuah sistem audio. Namun pertanyaannya adalah sistem seperti apa yang diterapkan. Dan apakah sistem tersebut sudah benar-benar bisa diterima oleh telinga pendengarnya, atau hanya sebagai piranti pelengkap saja untuk mendongkrak harga jual.

Jazz-Biru-FrontSystem

Jazz-Biru-HU

Beberapa waktu lalu kami sempat menemui salah seorang pemilik All New Honda Jazz yang berasal dari kota Bogor. Sejak awal mobil ini diturunkan dari dealer hal pertama yang dilakukan oleh sang pemilik adalah melakukan upgrading pada sistem audionya. Ia merasa sistem audio standard yang sudah tertanam didalamnya agak kurang cocok ditelinganya. Perombakan memang tidak dilakukan secara menyeluruh. Part-part yang sekiranya masih dapat diandalkan keberadaannya tetap dipertahankan pada mobil ini. Seperti halnya pada perangkat head unit. Sejak awal diluncurkan All New Honda Jazz sudah dibekali dengan head unit JVC. Fitur yang ada dirasa masih cukup bisa diandalkan untuk ukuran head unit OEM. Terbukti pada beberapa All New Honda Jazz lain yang kami temui, yang juga telah melakukan upgrade pada sistem audionya head unit ini tetap dipertahankan menempati pos-nya.

Jazz-Biru-Tweeter-Midrange

Speaker
Untuk speaker depan agar reproduksi suaranya lebih baik maka komposisinya dirubah menjadi 3 way. Komposisi seperti ini disinyalir dapat menghasilkan tonal lebih baik, karena setiap driver bisa bekerja pada area kerjanya masing-masing secara maksimal. Pada mobil ini komposisi 3 way tersebut diisi oleh merek Impulse. Sementara itu sebagai penghasil suara bass-nya di bagian belakang ditambahkan sebuah subwoofer.

Jazz-Biru-Processor

Sound Processor
Pada mobil ini telah dipasangkan ARC Audio DSP8, prosesor yang telah terintegrasi dengan amplifier 8 kanal. Keberadaanya bisa dikatakan sangat diperlukan untuk membuat sebuah sistem audio berjalan dengan baik. Dibalik bentuknya yang mungil tersemat segudang fitur yang ia miliki. Diantaranya seperti fitur time correction atau biasa juga disebut time delay. Setiap channel pada DSP8 telah dibekali dengan fitur time delay dengan angka ketelitian mencapai 0,01ms. Hal ini memungkinkan para penggunanya dapat mengatur titik suara secara lebih akurat. Selain itu alat ini juga telah dilengkapi dengan 31 band parametric equalizer untuk perkanal-nya. Dengan adanya fungsi ini tiap output suara yang dikeluarkan oleh masing-masing speaker bisa diequalize secara independen.

Jazz-Biru-Subwoofer

Dengan demikian meskipun nampak luar mobil ini terlihat sama dengan yang lain, namun bagian dalamnya tentu tidak. Terutama pada sistem audionya. Kini mobil ini telah memiliki sistem audio yang membuatnya lebih berbeda. konsep rombakannya mungkin saja terlihat sederhana, namun untuk urusan suara tentu tidak bisa dikatakan demikian. Kini suara yang dihasilkan dari sistem audio di mobil ini lebih bisa diterima oleh telinga sang pemilik.

Jazz-Biru

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.