Amoplusmagz
Matching, instalasi dan setting perangkat car audio Apa itu? dan mengapa sebaiknya jangan pernah kita anggap remeh. Matching, instalasi dan setting perangkat car audio Apa itu? dan mengapa sebaiknya jangan pernah kita anggap remeh.
Di sini kita harus tau bahwa listrik itu adalah aliran darah dari perangkat audio. Listrik yang stabil dan bebas dari gangguan interferensi akan meningkatkan... Matching, instalasi dan setting perangkat car audio Apa itu? dan mengapa sebaiknya jangan pernah kita anggap remeh.

Ada 3 hal yang mutlak harus diperhatikan dalam instalasi

1. Faktor Kelistrikan
Di sini kita harus tau bahwa listrik itu adalah aliran darah dari perangkat audio. Listrik yang stabil dan bebas dari gangguan interferensi akan meningkatkan kualitas suara. Apa saja syarat listrik yang bagus? Yang pertama adalah ground. Jangan anggap enteng masalah ground. Jika anda ingin suara jernih dan bening maka ground wajib untuk diperhatikan. Jika di rumah buat ground sampai bertemu air tanah dan sambungkan ke jala jala listrik rumah secara baik, kokoh dan benar. Yang kedua adalah kualitas kabel dan

2. Faktor Penempatan Perangkat (placement).
Tempat loudspeaker pada dudukan yang kokoh dengan arah on axis Dimana jarak loudspeaker dengan kaca samping depan dan belakang tidak boleh terlalu dekat (suara mantul) atau terlalu jauh (hilang bobotnya). Maksudnya agar suara pantulannya berkurang dan suara berasal benar benar dari speakernya dan tidak ada vibrasi yang mengganggu

3. Faktor Akustik Ruangan
Hal ini tergantung ukuran ruangan mobilnyanya, jenis. dan kualitas material peredam dan seberapa besar target tujuan akustik tersebut. Rekomendasi saya taruh Bass trap di bagian yang paling berpengaruh yaitu di pertemuan antara tiga sudut (tricorner).

Kemudian bisa dilanjutkan dengan pemberian diffuser di sekitar posisi loudspeaker dan absorber di sekitar posisi pendengar. Ini kebiasaan saya saja ya. Ada yang jauh lebih ahli dalam hal ini. Fyi Ilmu akustik itu sangat dalam (dan mahal) jadi tidak bisa asal pasang pasti jadi. Semuanya ada ilmu dan kompetensinya.

Asawendo (Rumah Audio Indonesia)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.