Amoplusmagz
Loud & Precision Loud & Precision
Innova ini merupakan salah satu mobil yang audionya digarap oleh workshop R2 Garage, Pati, Jawa Tengah. Sistemnya menganut aliran SQL. Loud & Precision

Tak hanya bersuara kencang, audio di mobil ini juga dibangun dengan sangat presisi

Amoplus Magazine – Innova ini merupakan salah satu mobil yang audionya digarap oleh workshop R2 Garage, Pati, Jawa Tengah. Sistemnya menganut aliran SQL. Beberapa waktu lalu tim AmoPlus berkesempatan untuk bertemu langsung dengan installernya. Pada kesempatan tersebut beliau menceritakan panjang lebar mengenai konsep rombakan di mobil garapannya ini.

Tak seperti mobil-mobil SQL pada umumnya, yang dihiasi banyak kosmetik, sektor eksterior Innova ini justru dibiarkan tetap standard. Sang insteller tidak sedikitpun membubuhkan sentuhan kosmetik pada area ini. Maka dari itu, bila dilihat sekilas tampilannya lebih mirip dengan mobil SQ ketimbang dengan SQL. Kita baru dapat mengetahui bahwa audio di mobil ini menganut aliran SQL adalah pada saat pintu bagasinya mulai dibuka. Disana terpampang jelas sederetan perangkat SQL yang siap mendeburkan alunan musik secara kencang.

Perihal perangkat, yang diaplikasikan pada mobil ini tidak hanya berasal dari satu brand saja. Tapi sang installer meramu dari beberapa brand menjadi satu kesatuan sistem. Seperti misalnya pada slot head unit, ia mempercayakannya pada Kenwood DNR 8015BT. Selain memiliki desain antar muka yang manis, HU satu ini juga dibekali dengan beragam fitur terkini yang menarik. Salah satunya karena hal tersebutlah DNR 8015BT dipercaya untuk mengisi slot head unit di Innova ini.

Meski audionya berkiblat pada SQL, tapi pemasangan speaker depan dirasa tetap perlu. Karena ketika sedang mengemudi, speaker pada bagian inilah yang menjadi andalan untuk sarana hiburan. Maka dari itu pada Innova ini area kabin depannya tetap dipasangi speaker split 3way Cello Signature. Speaker tersebut dihidupkan oleh satu amplifier Harmonic Drive A600.

Lanjut ke bagian belakang. Seperti yang terlihat, bagian ini telah dipadati oleh banyak perangkat audio. Diantara yang terpasang di bagian ini adalah; dua set speaker 2way Cello Loudnes. Ia mengemban tugas sebagai penghasil tonal. Speaker tersebut masing-masing digerakan oleh amplifier Harmonic Drive A600. Selain dua set speaker split, di bagian belakang juga tertanam 2 buah subwoofer. Ia dirumahkan dalam box ported dan masing-masing didrive oleh amplifier HDT MX3000.1. Satu lagi perangkat yang perannya tak kalah vital adalah prosesor Vox VXP8 Evo. Ia mengemban tugas sebagai pengatur tata suara yang dihasilkan oleh sistem audio di Innova ini.

Meski banyak perangkat yang diaplikasikan, nyatanya sang installer berhasil menyulap semuanya menjadi nampak rapih dan presisi. Ia membangun sebuah sistem tidak hanya untuk “berteriak” kencang, tapi segi kerapihannya juga tetap ia perhatikan. Dengan begitu selain enak didengar, semua yang terpasang pada Innova ini juga tetap sedap untuk dipandang.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.