Amoplusmagz
Let’s rock with Rockford Let’s rock with Rockford
Rockford Fosgate merupakan salah satu brand audio kenamaan asal negeri paman Sam. Di Indonesia sendiri namanya sudah malang melintang cukup lama. Bahkan mungkin sebagian... Let’s rock with Rockford

Saatnya main “kencang-kencangan” menggunakan Rockford

Amoplus Magazine – Rockford Fosgate merupakan salah satu brand audio kenamaan asal negeri paman Sam. Di Indonesia sendiri namanya sudah malang melintang cukup lama. Bahkan mungkin sebagian besar “pemain lama” sudah tak asing lagi dengan sosoknya. Sejak dulu hingga kini produk-produknya tak jarang jadi andalan di ranah kompetisi.

Meski tergolong sebagai brand lama Rockford selalu aktif mengikuti perkembangan teknologi, khususnya di dunia car audio. Ia terbilang rajin mengupdate perangkat barunya dari waktu ke waktu. Karenanya sosok Rockford tak pernah ketinggalan zaman. Bahkan sebaliknya, sosok Rockford saat ini justru lebih banyak digandrungi oleh kaum muda. Beberapa beranggapan bahwa sosok Rockford ini lebih sesuai dengan karakter kaum muda saat ini.

Di Pekanbaru kami bertemu dengan salah satu penggemar Rockford. Pada mobilnya ia mengaplikasikan sistem SQL dengan sebagian besar produk yang digunakan adalah Rockford Fosgate. Mobil tersebut ditangani langsung oleh workshop SRA Audio, Pekanbaru. Mengenai sistem yang terpasang pemaparannya kami sajikan sebagai berikut.

Sebagai source di tempat head unit terpasang perangkat double din dari Pioneer. Pada mobil ini head unit tersebut semata-mata hanya ditugaskan untuk memutarkan file-file audio saja. Salah satu fiturnya yang kini banyak diminati adalah mudah mengkoneksikannya dengan smartphone.

Meski sistemnya mengusung genre SQL namun replacement speaker depan nampaknya juga turut dinilai penting oleh sang pemilik. Karenanya kini speaker depan pada mobil ini diubah dengan menggunakan komposisi split 2way dari Rockford. Sejatinya speaker pada bagian ini digunakan untuk konsumsi harian sang pemilik. Karena saat berada di kursi kemudi tak mungkin speaker belakang yang dibunyikan. Dalam situasi tersebut speaker depanlah yang jadi andalannya.

Untuk mendukung sistem SQL nya sendiri segenap perangkat dipasangkan di bagian belakang, beberapa dipasangkan di area pintu tengah. Dua subwoofer Rockford dipasangkan di bagian bagasi. Subwoofer tersebut ditempatkan dalam box ported yang menghadap ke belakang. Kemudian untuk penghasil tonalnya ada dua set speaker split 2way Rockford terpasang di bagian pintu tengah.

Mengenai perangkat, semua produk Rockford yang terpasang di CRV ini sejatinya memang merupakan perangkat-perangkat khusus SQL. Hal tersebut sebetulnya sudah bisa dilihat dari desain tampilannya. Kelebihan dari perangkat jenis ini adalah dari segi suaranya yang lebih lantang. Selain itu daya jangkau suaranya pun lebih jauh. Jadi bila digunakan untuk kencang-kencangan sih tentunya sangat cocok.

Tak hanya sebatas speaker, amplifier yang digunakan dalam mobil ini pun seluruhnya berlabel Rockford Fosgate. Amplifier-amplifier tersebut keberadaanya dapat kita temukan tepat di atas subwoofer.

Pembangunan sistem audio di mobil ini awalnya hanya sebatas untuk konsumsi harian pemiliknya saja. Sejauh ini memang belum ada keinginan dari sang pemilik untuk mengikut sertakan jagoannya ini ke ranah kompetisi yang lebih serius. Meski begitu tak menutup kemungkinan untuk kedepannya. Secara sistem yang terpasang sejatinya memang sudah layak bila diikut sertakan dalam kompetisi.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 − three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.