Amoplusmagz
Legacy LG-1299-2 Legacy LG-1299-2
Jakarta, amoplusmagz.com - Reproduksi bas rendah dalam sebuah ruang kabin mobil memang sangat ditentukan oleh driver subwoofer, bahkan saat ini sudah menjadi salah satu... Legacy LG-1299-2

Legacy LG-1299-2

“Driver Subwoofer Kelas Entry Level Yang Mumpuni”

Jakarta, amoplusmagz.com – Reproduksi bas rendah dalam sebuah ruang kabin mobil memang sangat ditentukan oleh driver subwoofer, bahkan saat ini sudah menjadi salah satu komponen wajib untuk sebuah sistem audio mobil yang ideal. Apalagi yang ingin menghadirkan SPL tinggi, tentunya peran subwoofer sangat dibutuhkan.

Kali ini majalah AmoPlus kehadiran salah satu seri produk  keluaran Legacy dari seri LG-1299-2 yang merupakan jenis driver Sub berdiameter 12 inci. Dari tampilannya, komponen yang satu ini memang tidak terlihat terlalu istimewa. Ini  dapat terlihar dari sosok drivernya yang desainnya seperti pada umumnya, baik dari bentuk basket serta magnet yang terpasang, desain konusnya terlihat cukup menarik dengan dust-cap yang dipasang secara cekung mengikuti lengkungan konus.

Jika melihat jalur terminal masukan, terdapat dua pasang, yang masing-masing menggunakan terminal jepit yang cukup kokoh. Ini membuktikan kalau Legacy LG-1299-2 menggunakan double coil, sehingga dapat dilakukan konfigurasi dalam aplikasinya, baik untuk impedansi 4 Ohm maupun 2 Ohm jika diparalel.

Kebanyakan subwoofer biasanya dihandel oleh sebuah amplifier tersendiri, apalagi dengan spesifikasi dengan daya masukan yang dibutuhkan cukup besar, maka dibutuhkan amplifier jenis monoblok. Seperti produk Legacy kali ini kami mencoba dengan amplifier mono yang dayanya tidak terlalu besar.

Ketika kami mencoba driver Legacy LG-1299-2 dengan sebuah amplifier monoblok besutan Venom, kami dapati hasil reproduksi sinyal bas rendah yang dihasilkan memiliki respons yang sangat baik, bahkan kami meyakini bahwa dengan daya yang sedang saja, sudah dapat menghasilkan kinerja yang optimal.

Saat diputarkan jenis musik demo khusus yang iramanya lebih nge-beat, terlihat gerakan konus subwoofer terlihat cukup enteng, sehingga repro bas rendah yang dihasilkan solid, bahkan ketika kami masukkan dalam kotak, repro subwoofer ini terlihat masih bergerak di porosnya dengan konsisten, tidak ada pewarnaan suara yang berarti, sehingga dihasilkan kualitas bas rendah bulat tanpa distorsi yang berarti.

Spesifikasi :

  • Diameter Speaker (inch/mm)              12 inch / 305 mm
  • Impedansi (Ω)                                     4 Ω
  • Nominal power handling (Watt)         200 Watt
  • Program power (Watt)²                       400 Watt
  • Lebar daerah frekuensi (Hz)               29 Hz – 3200 Hz
  • Sensitivity (2.83 V / 1 m) (dB)           92 dB
  • Medan magnet (T)                              0.87 T
  • Berat magnet (Kg/Oz)                        1.35 kg / 47.32 Oz
  • Berat speaker                                      4.22 kg
  • Voice coil diameter (mm)                   49.5 mm
  • Voice coil material                              ASV

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.