Amoplusmagz
Legacy LG-12386-2 Subwoofer 12” Double Coil Legacy LG-12386-2 Subwoofer 12” Double Coil
Legacy adalah sebuah subwoofer yang dibuat di tanah air, yaitu di PT Sinar Baja - Surabaya. Perlu diketahui juga, pabrikan ini juga memasok salah... Legacy LG-12386-2 Subwoofer 12” Double Coil

Subwoofer merupakan penghasil frekuensi rendah. Jarang mobil standar yang sudah menggunakannya. Namun perangkat ini yang biasanya paling mudah dirasakan.

Amoplus Magazine – Legacy adalah sebuah subwoofer yang dibuat di tanah air, yaitu di PT Sinar Baja – Surabaya. Perlu diketahui juga, pabrikan ini juga memasok salah satu produsen speaker (bookshelf) kelas dunia dan banyak produsen lainnya. Jadi secara harga, kalau dibandrol murah, wajar sekali, “Factory Outlet”, langsung dari pabrik !

Sebagai subwoofer “entry level” yang harganya relatif ekonomis, Legacy dibuat dari bahan-bahan yang “seminimal” mungkin. Tapi bukan berarti kualitasnya rendah, melainkan apa yang tidak perlu tidak digunakan. Misalnya basket, cukup dibuat dari pelat besi yang ringan, tapi mempunyai rigiditas yang baik. Tidak perlu dari aluminium die cast yang tebal dan berat. Basket ini juga mempunyai ketebalan yang sesuai, sebagai tempat direkatkannya magnet, surround dan semua komponen dari subwoofer.

Magnet yang digunakan-pun tidak terlalu besar, disesuaikan dengan voice coil yang ukurannya 38,56mm. Kemudian karet surround yang digunakan relatif lentur dan mempunyai lebar yang cukup. Surround ini dipadukan dengan konus dan duskep dari bahan polypropilene yang ringan dan kuat.

Dari paduan bahan-bahan dan perhitungan yang matang, jadilah sebuah subwoofer yang mempunyai efisiensi tinggi. Daya yang dibutuhkan untuk membuatnya bekerja cukup di bawah 200 Watt, yang secara teoritis 100 Watt-pun sanggup membuatnya bekerja. Dengan tekanan suara yang dihasilkan untuk daya 1Watt/1meter sebesar 92dB.

Sound Test

Untuk uji dengar, kami masukkan subwoofer ke dalam box sealed. Yang pertama masing-masing voice coil yang berimpedansi 4 Ohm kami hubungkan langsung dengan output speaker dari head unit. Lagu Don William dimasukkan di tray dan dimainkan. Meski daya yang dikeluarkan dari head unit relatif kecil, tapi sudah mampu membuat subwoofer ini berbunyi. Tapi itu baru sekedar membuktikan bahwa efisiensi dari subwoofer ini tinggi.

Kemudian coil dari subwoofer kami paralel, hingga impedansinya 2 Ohm. Subwoofer kami hubungkan dengan power amplifier Venom V1900B. Sebagai pembuka kami putar Greatest Hits of Basso. Terdengar suara tambur yang kurang kontrol, lalu kami set subsonic filter ke frekuensi 40Hz. Dan Low Pass Fiter di posisi 50 Hz.  Sebab memang menurut spesifikasi daerah kerja subwoofer ini mulai dari 43Hz, jadi tidak terlalu rendah. Lagu yang sama diputar, terdengar suara yang lebih natural tidak berlebih.

Lagu berikutnya Black Eyed Peas,terdengar suara rendah yang agak kurang pas, dengan speaker depan yang kami set di frekuensi high pass 100Hz, kemudian low pass untuk sub dinaikkan menjadi 65Hz. Lagu yang sama diputar, dan untuk ini terasa lebih pas. Ada koherensi antara mid dan subwoofernya.

Kesimpulan

Dari test ini disimpulkan bahwa untuk membuat subwoofer ini bekerja tidak diperlukan power yang terlalu besar. Frekuensi kerjanya agak berbeda dengan subwoofer 12 inci yang umum. Biasanya frekuensinya lebih rendah, tapi ini agak tinggi. Cocok untuk digabungkan dengan speaker OEM yang biasanya daerah kerjanya juga tidak terlalu rendah.

AmoPlus Lab.

Pengukuran impedansi dari Legacy ini memperlihatkan grafik yang cukup baik. Ada sedikit ripple, tapi terlihat halus. Disamping itu grafik simulasi burst & decay menunjukkan sub ini baik di frekuensi 40Hz sampai sekitar 150Hz. Frekuensi bawahnya (25Hz) tampak over dan di atasnya ada lembah kemudian levelnya meninggi kembali.

Spesifikasi :

  • Diameter : 12 inci
  • Daya maksimum :  200 Watt
  • Lebar daerah frekuensi 43Hz-2,4kHz
  • SPL (1W/1m) 92dB
  • Medan magnet 0.9T
  • Berat Magnet 1.04kg
  • Voice coil diameter 38.56mm

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − nine =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.