Amoplusmagz
Lebih “Crispy” Dengan Power A Class Lebih “Crispy” Dengan Power A Class
Amoplus Magazine - Di dunia audo, kita tentu kenal dengan beberapa klasifikasi yang diberikan untuk perangkat amplifier. Ada kelas A, AB, ataupun D. Masing-masing... Lebih “Crispy” Dengan Power A Class

Banderolnya memang sedikit lebih mahal, tapi sebanding kok dengan kualitas yang dimilikinya

Amoplus Magazine – Di dunia audo, kita tentu kenal dengan beberapa klasifikasi yang diberikan untuk perangkat amplifier. Ada kelas A, AB, ataupun D. Masing-masing didevelop sesuai jalur kegunaannya. Meski sama-sama bertugas sebagai penguat suara, nyatanya masing-masing kelas dari amplifier tersebut memiliki cara penyajian yang berbeda dalam hal menghasilkan suara. Pembahasan lengkap mengenai klasifikasi amplifier ini telah kami muat pada beberapa edisi lalu. Pembaca setia AmoPlus tentunya masih ingat kan ?

Fortuner-BA-1

Pada bahasan kali ini ulasan kami akan lebih condong pada penggunaan amplifier kelas A dalam mobil. Kebetulan kami menemukan pengaplikasiannya pada mobil besutan Bronson Audio, Jakarta Barat. Mobil yang kami maksud adalah Fortuner hitam ini. Didalamnya sudah terpasang sistem audio bergenre SQ. Perangkat-perangkat yang tertanam tidak tanggung-tanggung, semuanya diisi oleh perangkat seri atas dari brand-brand ternama.

Fortuner-BA-4

Sektor head unit ditempati oleh perangkat dari Alpine seri i1090. Ukurannya terbilang cukup besar untuk sebuah head unit mobil. Namun yang lebih penting adalah ia memiliki fitur melimpah. Salah satunya karena hal tersebut head unit ini banyak diminati oleh para pecinta audio mobil.

Lini speaker depan diisi oleh Flux Reference. Speaker tipe ini merupakan seri tertinggi di keluarga Flux, untuk saat ini. Pada sistem di mobil ini ia digerakan langsung oleh dua amplifier A Class dari Mosconi. “Amplifier ini memberikan warna suara tersendiri untuk speaker, bila coba dirasakan speaker yang didrive oleh amplifier ini suaranya terdengar lebih crispy”, ujar Tedy selaku installer Bronson Audio yang menggarap Fortuner ini. Mendengar statement seperti itu dari sang installer, maka kami tak heran bilamana di arena kontes SQ banyak peserta yang menggunakan amplifier kelas A.

Selain speaker dan amplifier, satu lagi perangkat yang perannya tak boleh dilupakan dalam sistem audio mobil adalah prosesor. Di Fortuner ini telah dipasangkan prosesor Mosconi 8 to 12. Ia ditugaskan untuk mengolah output suara yang dihasilkan oleh setiap speaker sehingga hasilnya terdengar lebih rapi.

Secara keseluruhan sistem yang diaplikasikan terdengar nyaman di telinga, rapih, dan berkarakter. Disamping itu proses installasi pun dilakukan dengan sangat presisi oleh Bronson Audio. Di bagian belakang diberikan sedikit kosmetik untuk mempercantik tampilannya. Dengan begitu area belakang menjadi terlihat tidak monoton.

skema

Fortuner-BA

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.