Amoplusmagz
Komposisinya Sederhana, Namun Mampu Menuai Banyak Prestasi Komposisinya Sederhana, Namun Mampu Menuai Banyak Prestasi
Amoplus Magazine - Sosok Outlander putih ini kami temukan di bilangan kota Bandung, Jawa Barat. Penunggangnya adalah seorang pemuda yang kabarnya tak lama lagi... Komposisinya Sederhana, Namun Mampu Menuai Banyak Prestasi

Dengan komposisi yang sedikit berbeda mobil ini mampu buktikan bahwa dirinya tak bisa dianggap biasa

Amoplus Magazine – Sosok Outlander putih ini kami temukan di bilangan kota Bandung, Jawa Barat. Penunggangnya adalah seorang pemuda yang kabarnya tak lama lagi akan segera melepas masa lajangnya. Pada dasarnya ia memang memiliki kegemaran terhadap dunia audio. Karenanya ia melakukan sedikit rombakan pada sistem audio di mobilnya ini. Konsepnya sendiri lebih mengarah ke tema original look dengan genre SQ yang digendongnya. Lebih lanjut mengenai pembahasan sistemya kami berikan dalam bentuk ulasan singkat sebagai berikut.

Outlander-Bandung-HeadUnit

Sebetulnya mobil ini bukanlah mobil yang dikhususkan untuk bertarung di kancah kontes peraudio mobilan. Rombakan yang dilakukan di dalamnya tadinya hanya dimaksudkan untuk konsumsi harian saja, sebagai sarana hiburan sang pemilik saat sedang berada dalam perjalanan. Meski begitu sesekali pemiliknya meguji ketangguhan audio yang terpasang di mobilnya ini, dan hasilnya terbilang mengejutkan. Cukup banyak trophy yang berhasil ia bawa pulang.

Outlander-Bandung-Sistem-Depan

Komposisi sistemnya sendiri sebetulnya bisa dikatakan sederhana. Untuk penyembur suara hanya dibebankan pada sepasang speaker fullrange dan midbass untuk penghasil tonlnya, dibantu dengan penambahan satu subwoofer untuk penghasil suara rendahnya. Speaker fullrange pada mobil ini ditempatkan di posisi tweeter oem mobil, namun bentuk dan ukuran box-nya dirubah menjadi sedikit lebih besar. Sementara itu untuk midbass masih ditempatkan pada bagian doortrim yang ditambahkan sedikit baffle. Penambahan baffle untuk midbass dimaksudkan agar si midbass mampu bekerja ke area frekuensi yang lebih rendah.

Lain halnya dengan speaker depan, subwoofer pada mobil ini ditanamkan di bagian belakang, atau bagian bagasi. Desain box subwoofer dibuat presisi dengan slot ban serep di bagian belakang mobil. Dengan begitu rongga kosong yang tadinya tersisa kini diisi oleh subwoofer beserta box-nya yang berjenis sealed.

Pusat pemutar file pada mobil ini dipercayakan pada Pioneer ODR RS-D7II. Head unit yang satu ini memang telah lama dikenal dikalangan pecinta car audio. Performanya yang apik membuatnya banyak diandalkan sebagai pemutar file audio di mobil-mobil bergenre SQ.

Disektor penguat suara ada amplifier Zapco Z150.4 LE dan Trutech TO3 2.250 yang terpasang di bagian belakang. Kedua amplifier ini telah diberi tugas masing-masing untuk mendrive speaker-speaker yang telah terpasang. Zapco untuk speaker yang terpasang di bagian depan, sedangkan Trutech untuk menghidupkan subwoofer.

Outlander-Bandung-Owner
Outlander-Bandung
skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.