Amoplusmagz
Komposisi Tepat Untuk Mobil Harian Komposisi Tepat Untuk Mobil Harian
seorang penghobi audio jadi sudah pasti ia tak akan terbiasa dengan system audio yang standard-standard saja. Komposisi Tepat Untuk Mobil Harian

Mobil harian akan terasa lebih nyaman bilamana di dalamnya telah terdapat system audio yang mumpuni

Amoplus Magazine – CRV hitam ini pada dasarnya merupakan sebuah mobil yang masih dipergunakan pemiliknya untuk aktivitas harian. Karena sang pemilik merupakan seorang penghobi audio jadi sudah pasti ia tak akan terbiasa dengan system audio yang standard-standard saja. Karena hal itu lantas akhirnya ia memutuskan untuk mengupgrade system audio di CRV hitam miliknya ini. Workshop yang ditunjuk untuk menangani mobilnya ini adalah Bronson Audio, yang berlokasi di bilangan Jakarta Barat.

Karena mobil ini sejatinya merupakan mobil harian, jadi konsep rombakan yang dilakukan pun bisa dikatakan tidak terlalu “macam-macam”. Artinya setiap perombakan yang dilakukan tetap memperhatikan fungsi-fungsi utama dari si mobil tersebut. Seperti misalnya pada area bagasi yang dibiarkan tetap memliliki lahan luas untuk memuat barang-barang bawaan.

Head unit OEM pada mobil ini posisinya digantikan oleh Alpine IVA W-520. Sementara itu speaker depan posisinya ditempati oleh komposisi 3way, gabungan antara driver dari Flux dan Dynaudio. Driver Flux menempati posisi tweeter. Sedangkan untuk Driver Dynaudio menempati posisi midbass dan midrange di bagian depan.

Guna mendapatkan suara bass yang lebih terasa, maka pada mobil ini turut ditambahkan satu buah subwoofer berukuran 10” dari Morel. Subwoofer tersebut ditempatkan di area paling belakang dari mobil ini. Sebagai tempat bersarangnya ia dibuatkan box berjenis sealed.

Untuk urusan penguat daya, di mobil ini kini telah dipasangi dua buah amplifier. Satu amplifier 6 kanal dari Audison ditugaskan untuk menggerakan speaker 3way yang berada di bagian depan. Sementara itu untuk subwoofer dayanya dikuatkan oleh satu amplifier monoblok Mosconi.

Di mobil ini juga nampaknya telah dipasangi satu buah prosesor Alpine PXA-H800. Perangkat tersebut mengemban tugas sebagai pengolah suara. Dengan adanya perangkat tersebut penggunanya akan lebih mudah dalam melakukan pengaturan suara. Sehingga dengan demikian hasilnya suara akan terdengar jauh lebih rapi dan tertata.

Komposisi seperti ini dinilai sangat tepat diaplikasikan di mobil-mobil yang memang masih diperuntukan untuk aktivitas harian. Meskipun banyak perangkat baru yang dinaikan, tapi semuanya tertata dengan baik. Hasilnya area yang termakan untuk penempatan perangkat-perangkat audio tidak terlalu besar. Intinya tidak sampai mengganggu fungsi-fungsi utama dari si mobil. Dari segi suara tentunya tak perlu diragukan lagi. Peningkatannya sangat terasa ditelinga. Kini area kabin CRV hitam ini terasa lebih bersahabat di telinga para penunggangnya.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.