Amoplusmagz
Komposisi Sama di Mobil Yang Berbeda Komposisi Sama di Mobil Yang Berbeda
Amoplus Magazine - Beberapa waktu lalu kami berjumpa dengan salah satu pecinta car audio yang berasal dari wilayah Bekasi. Adalah Ali, yang dua mobil... Komposisi Sama di Mobil Yang Berbeda

Sempat beberapa kali berganti mobil, tapi untuk urusan audionya pemilik mobil ini tetap andalkan komposisi yang sama

Amoplus Magazine – Beberapa waktu lalu kami berjumpa dengan salah satu pecinta car audio yang berasal dari wilayah Bekasi. Adalah Ali, yang dua mobil terdahulunya pernah kami muat di AmoPlus edisi lampau. Kali ini ia menunggangi Honda Jazz lansiran tahun 2011. Didalamnya telah terpasang satu set sistem audio bergenre SQ.

Meski sempat beberapa kali berganti tunggangan, kalau untuk urusan audio Ali tetap mempercayakannya pada workshop Cipta Sonic Audio yang berlokasi di kawasan MGK Kemayoran. Dan bila kami perhatikan konsep audionya pun hampir-hampir mirip dengan yang ia aplikasikan di mobil-mobil terdahulunya.

HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA-OWNER

Mengenai perangkat audio, sejauh ini Ali masih merasa cukup puas dengan performa dari Gramond. Karenanya pada Jazz miliknya ini sebagian besar perangkat audionya masih didominasi oleh perangkat keluaran Gramond. Sama seperti mobil-mobil terdahulunya.

HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA-TWEETER

HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA-FRONTSYSTEM

Di kabin depan posisi head unit diisi oleh Kenwood seri DDX9017. Sementara itu untuk speakernya masih mengandalkan performa 3way Gramond R2. Pada komposisi 3way yang diaplikasikan untuk midbass masih ditaruh di tempat standard-nya, yaitu pada trim pintu depan. Sedangkan untuk midrange dan tweeter diposisikan di pilar A dengan angle yang telah ditentukan sebelumnya.

HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA-SUBWOFER
HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA-REARSYSTEM

Di bagian belakang satu subwoofer Gramond S10 turut dibenamkan. Di bagian ini subwoofer ditempatkan dalam box sealed. Dengan volume box yang tepat, suara bass yang dihasilkan subwoofer terasa lebih mantap di bagian depan.

HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA-FRONTREARSYSTEM

HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA-PROSUCCER

Untuk sektor penguat suara, ada dua amplifier Gramond yang diaplikasikan. Masing-masing adalah seri HP4.125 dan MLT D4.100.  Amplifier MLT D4.100 difungsikan untuk mendrive tweeter dan midrange R2. Sedangkan HP4.125 digunakan untuk mensuplai midbass dan subwoofer. Satu prosesor Alpine PXA-H800 tak lupa ditambahkan guna mempermudah dalam hal pengaturan output suaranya.

HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA-FRONTREARSYSTEM

HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA-HEADUNIT

Secara keseluruhan, sistem yang diaplikasikan memang tak nampak jauh berbeda dari yang diterapkan Ali pada mobil-mobil sebelumnya. Komposisinya sama, hanya mobilnya saja yang berbeda. Ali mengaku sudah merasa cocok dengan performa dari perangkat-perangkat Gramond. Karenanya meskipun sudah beberapa kali berganti mobil, untuk audionya tetap menggunakan format yang sama, dengan dominasi perangkat Gramond didalamnya.

HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA-CONTROLER
HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA
HONDA-JAZZ-CIPTA-SONIC-AUDIO-JAKARTA-SKEMA

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.