Amoplusmagz
Kedepankan Efisiensi Dalam Konsep Rombakannya Kedepankan Efisiensi Dalam Konsep Rombakannya
Amoplus Magazine - Dua kali ikut kontes, dua kali juga mobil ini mampu jadi juara. Tampilannya yang “low profile” membuat beberapa orang tak percaya... Kedepankan Efisiensi Dalam Konsep Rombakannya

Tampil sederhana, mobil ini justru berikan kejutan dalam keikutsertaannya pada suatu kontes

Amoplus Magazine – Dua kali ikut kontes, dua kali juga mobil ini mampu jadi juara. Tampilannya yang “low profile” membuat beberapa orang tak percaya jika CX-5 ini memiliki prestasi gemilang di kancah peraudio mobilan tanah air. Konsep rombakan audionya memang dibuat efisien. Seperti yang dapat kita lihat, modifikasi audio yang dilakukan benar-benar berfokus pada audionya semata.

CX5-MegaAudio-trofi

Pada dasarnya mobil ini masih menjabat status sebagai mobil harian. Karenanya ubahannya pun bisa dikatakan tak terlalu macam-macam. Perubahan yang terlihat paling menonjol terdapat pada bagian depan, yang pada kedua pilarnya telah dipasangi midrange dan tweeter. Untuk midbass juga sebetulnya diganti, hanya saja positioningnya masih ditempatkan di tempat standardnya, jadi tak terlihat ada perubahan pada bagian midbass.

CX5-MegaAudio-front

Komposisi speaker yang digunakan di bagian depan adalah 3way. Keseluruhan perangkatnya dihuni oleh produk berlabel Flux.

CX5-MegaAudio-tweeter

CX5-MegaAudio-headunit-singledin

Di konsol head unit, HU bawaan CX-5 ini nyatanya masih dipertahankan keberadaannya. Namun jika untuk penggunaan audio, pemilik lebih memilih untuk menambahkan satu perangkat lagi yang memiliki reproduksi suara lebih baik, yaitu Pioneer P99RS. Jadi maksudnya adalah HU OEM fungsionalnya tidak dirubah, hanya saja jika untuk pemutaran audio HU yang digunakan adalah Pioneer P99RS.

CX5-MegaAudio-Amplifier

Untuk penyembur suara bass-nya, di bagian belakang ditambahkan satu buah subwoofer dari Flux. Untuk penempatannya, subwoofer dibuat seperti tertanam di trim bagian belakang. Desain boksnya dibuat pipih menyerupai bentuk trim orisinilnya. Dengan begitu ruang di bagian belakang mobil ini tidak termakan terlalu besar oleh adanya subwoofer.

CX5-MegaAudio-Amplifier-2

Untuk penguat suara, ada dua amplifier yang diaplikasikan pada mobil ini. Satu adalah Mosconi AS100.4, dan satunya lagi Flux Evo 100.4. Keduanya ditempatkan di bagian bawah jok depan, tersembunyi. Selain agar tak menyita ruang, penempatan amplifier di bawah jok depan dimaksudkan agar posisinya lebih dekat dengan head unit. Semakin dekat posisinya maka akan semakin pendek juga kabel yang digunakan. Dengan begitu output suara yang dihasilkan pun bisa lebih baik.

CX5-MegaAudio

Perombakan audio yang dilakukan pada CX-5 ini nampak sangat efisien. Tak banyak ruang yang termakan dengan adanya penambahan perangkat-perangkat baru. Meski begitu, jangan pandang sebelah mata untuk hasil suaranya. Fakta telah berbicara bahwa audio di mobil ini telah mampu menjuarai sejumlah kategori pada kontes yang diikutinya. Luar biasa bukan ?

Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.