Amoplusmagz
KATAKAN TIDAK PADA SISTEM AUDIO KALENG KATAKAN TIDAK PADA SISTEM AUDIO KALENG
mobil Toyota Calya garapan Otovariasi Tangerang yang menarik perhatian tim Amoplus. Perangkat-perangkat yang digunakan untuk merancang sistem SQ 3 way pada mobil ini memang... KATAKAN TIDAK PADA SISTEM AUDIO KALENG

Meski dibangun dengan budget yang minim, tetapi sistemnya bukan kaleng-kaleng ya.

Amoplus Magazine – Mobilnya boleh saja kaleng, tetapi speakernya bukan kaleng-kaleng ya. Apalagi kalau yang dipasang adalah produk-produk dari Vox. Ya, ini dia mobil Toyota Calya garapan Otovariasi Tangerang yang menarik perhatian tim Amoplus. Perangkat-perangkat yang digunakan untuk merancang sistem SQ 3 way pada mobil ini memang terbilang murah, namun kualitasnya tidak boleh dibilang murahan. Otovariasi Tangerang selaku workshop yang sudah menginstal sistem audio telah mengerahkan kemampuuannya dalam membangun audio SQ 3 way yang jempolan. Untuk lebih lanjutnya, mari kita bongkar bersama-sama setiap partisi perangkatnya.

Untuk yang pertama, mari kita bahas bagian depannya dulu yaitu bagian head unitnya. Pioneer adalah brand yang dipilih sang pemilik untuk mengisi bagian head unitnya. Ia memilih menggunakan Pioneer X4850 karena kualitasnya yang mumpuni. Head unit ini juga merupakan sebuah head unit double din yang mampu melakukan operating system suara dengan baik.

Kemudian untuk bagian speaker, sang installer menggunakan speaker Vox AMT MK1. Dengan posisi tweeter di atas midrange dan midbass di doortrim pintu. Yang unik dari produk ini adalah bentuk tweeter yang berbentuk persegi. Kalau biasanya speaker-speaker berbentuk lingkaran, pada VOX tipe ini ia berbentuk persegi. Meskipun bentuknya terlihat berbeda, namun tidak pada suara yang dihasilkan. Tweeter ini mampu menghasilkan output suara yang nyaring dan jernih.

Lanjut ke bagian processornya, processor yang dipilih sang installer adalah VOX Pro 8.6. Sebuah processor seharga 3,7 jutaan dengan kinerja yang sangat membantu dalam memproses setiap sinyal pada sistem audio mobil ini. Untuk penempatannya, sang pemilik menempatkan processornya di bawah jok mobil. Sehingga tidak menumpuk dengan power di lantai bagasi belakang.

Berbicara soal power, sang installer Otovariasi Serpong memasang power monoblock VOX VRA 1000D. Perangkat ini dirasa mampu untuk menyokong kebutuhan daya yang dibutuhkan oleh speaker dan subwoofer pada sistem audio mobil ini.

Kemudian yang terakhir adalah bagian subwoofer. Subwoofer yang digunakan untuk mengimbangi speaker 3 way depan adalah VOX VS 10 D. Subwoofer berukuran 10 inch dari Vox ini memiliki power yang tegas dan pas dalam menghasilkan suara bass. Sehingga antara treble dan bass dapat berotasi dengan seimbang. Ia tidak mendominasi namun tetap memiliki power yang cukup. Subwoofer ini ditempatkan di bagian bagasi belakang sebelah kiri. Ia menghadap langit-langit. Langsung menyambut suara treble yang dihasilkan dari speaker 3 way depan.

Demikianlah serangkaian sistem audio yang tidak kaleng-kaleng dari mobil Calya garapan Otovariasi Tangerang. Meski perangkat-perangkat tersebut bisa dikatakan murah, namun suaranya mampu memuaskan telinga kita. Keahlian sang installer Otovariasi Tangerang dalam merancang line up sistem audio SQ 3 way pada Calya patut diacungi jempol.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.