Amoplusmagz
Kabin Minimalis, It’s Ok Kabin Minimalis, It’s Ok
Di lini speaker depan ada komposisi 3way dari Focal Beryllium. Untuk midbass masih ditempatkan di tempat standard, tapi “rumahnya” kini sedikit dimodifikasi. Pada bagian... Kabin Minimalis, It’s Ok

Ruang kecil bukan halangan untuk ciptakan audio yang mumpuni

Owner

Amoplus Magazine – Nissan March merupakan salah satu mobil jenis hatchback yang mengaspal di tanah air. Mobil ini sejatinya memang didesain untuk dapat bergerak lincah di jalanan perkotaan, jadi untuk soal ukuran ia memiliki badan yang lebih kecil. Karena space yang minim biasanya para installer audio agak kesulitan mengoptimalkan audio di mobil ini. Namun hal tersebut rupanya tak berlaku bagi Ricky (installer Mobiltronik Surabaya). Ricky tetap dapat mensiasati audio di mobil ini hingga dapat bekerja dengan optimal.

Audio di mobil ini beraliran sound quality. Meski sistem yang terpasang lebih diperuntukan untuk harian, tapi rupanya sang pemilik tak mau tanggung-tanggung dalam membangun audio di mobilnya ini. Perangkat yang digunakan pun bukanlah perangkat sembarangan. Setidaknya dengan perangkat yang baik jalan untuk mewujudkan sistem yang mumpuni semakin dekat.

Tweeter-Midrange

Perangkat audio standard bawaan mobil seluruhnya dilucuti. Keberadaannya kini digantikan oleh perangkat-perangkat after market. Posisi head unit kini ditempati perangkat double din dari Kenwood seri 9017. Sejak awal kemunculannya HU satu ini memang cukup banyak menyita perhatian para pecinta car audio di tanah air. Sosoknya dinilai memiliki fitur-fitur futuristic. Karenanya ia banyak disukai oleh para pecinta audio mobil.

HU

HU-2

Di lini speaker depan ada komposisi 3way dari Focal Beryllium. Untuk midbass masih ditempatkan di tempat standard, tapi “rumahnya” kini sedikit dimodifikasi. Pada bagian dalam doortrim dibuatkan semacam box untuk penempatan midbass. Tujuannya agar kinerja si midbass bisa lebih optimal. Untuk penempatan midrange dan tweeter masih dilakukan sama seperti pada umumnya, yaitu ditaruh di pilar A.

Front-System

Selain komposisi speaker 3way, pada mobil ini juga turut ditambahkan satu subwoofer Venture untuk penyembur suara bass-nya. Subwoofer tersebut ditempatkan di area belakang menggunakan box sealed.

Subwoofer

Processor

Untuk suplai daya ke speaker-speaker yang terpasang, ada dua amplifier 4 kanal Art Nouveau diaplikasikan pada mobil ini. 4 kanal dari amplifier pertama ditugaskan untuk mendrive tweeter dan midrange. 2 kanal dari amplifier kedua digunakan untuk midbass, dan 2 kanal tersisa di-bridged untuk menghidupkan subwoofer.

Car

Meski ruangan dalam mobil ini terbilang kecil, tapi sang installer berhasil menciptakan imaging panggung yang luas. Segala sesuatunya masih dapat disiasati. Nyatanya, ruang kecil bukan halangan untuk ciptakan audio yang mumpuni.

Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.