Amoplusmagz
Juara Dengan Sistem Sederhana Juara Dengan Sistem Sederhana
Sepintas bila kita melihat sistem audio di Innova putih ini memang nampak begitu sederhana. Namun siapa sangka jika mobil besutan Auto Maximus ini sudah... Juara Dengan Sistem Sederhana

Sistem boleh sederhana, tapi tidak untuk hasil suaranya

Amoplus Magazine – Sepintas bila kita melihat sistem audio di Innova putih ini memang nampak begitu sederhana. Namun siapa sangka jika mobil besutan Auto Maximus ini sudah mampu menyabet gelar National Champion pada kontes yang dihelat CAN beberapa waktu lalu. Hal tersebut cukup membuat kami penasaran untuk menguak apa saja yang terpasang di bagian dalamnya. Untuk itu tanpa berlama-lama lagi, yuk langsung saja simak bahasannya sebagai berikut.

Dari segi sistem, yang diterapkan pada Inovva ini berkiblat pada SQ. Konsepnya simple, bahkan sepintas hampir nampak OEM Look, tapi tentu saja tidak. Semua part audio yang terpasang telah diganti dengan perangkat-perangkat aftermarket. Brand-nya campuran, tapi sang installer berhasil meramu semuanya, hingga suara yang dihasilkan tetap terasa padu.

Owner

Slot head unit diisi oleh HU single din dari Panasonic. HU satu ini memang agak jarang kita temui dilapangan. Keberadaannya pada mobil ini hanya diperuntukan sebagai pemutar file audio saja. Selebihnya untuk proses pengolahan suara diserahkan pada prosesor Venom Pandora VPR1 MKII.

HU

Di bagian depan atau lebih tepatnya di pilar A terpasang satu set speaker fullrange dari Reverb Acoustic. Pemilihan jenis fullrange dalam hal ini didasarkan karena ia memiliki rentang frekuensi yang lebih lebar. Jadi dengan satu perangkat saja ia sudah bisa bermain di area frekuensi rendah sampai ke frekuensi tinggi. Lebih simple sih intinya

FrontSystem

Midbass di pintu depan juga turut diganti oleh sang installer. Kini posisi midbass ditempati oleh perangkat lansiran Angelous. Tak ada ubahan berarti pada positioning midbass. Ia masih ditempatkan di tempat standard, hanya ada sedikit tambahan sejenis baffle saja untuk menunjang kinerjanya supaya lebih optimal.

Tweeter

Subwoofer

Sebagai penghasil suara terendahnya, di bagian belakang dipasangkan satu subwoofer berlabel Dominations Buddy. Subwoofer tersebut bersarang dalam box sealed. Tak banyak space yang ia “makan”. Karenanya area belakang mobil ini tetap bisa difungsikan sebagaimana mestinya.

Amplifier

Untuk urusan penguat suara, ada dua amplifier yang diaplikasikan di Innova putih ini. Satu adalah amplifier 4 kanal Carpe Diem Echo untuk menggerakan speaker depan, dan satu amplifier Harmonic Drive untuk menghidupkan subwoofer.

Car

Meski sistemnya kelihatan sederhana, tapi mobil ini mampu buktikan bahwa dirinya tak bisa dianggap remeh untuk urusan audio. Terbukti gelar National Champion telah mampu dibawanya pulang. Artinya meski sederhana sistem audio di mobil ini tetap memiliki kualitas yang baik, dan layak diperhitungkan jika turun di arena kontes audio mobil.

SKEMA

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 10 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.