Amoplusmagz
Jerih Payah Berbuah Hasil Positif Jerih Payah Berbuah Hasil Positif
Amoplus Magazine - Dalam membangun mobil, apa lagi untuk persiapan kontes tentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Semuanya harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Jika... Jerih Payah Berbuah Hasil Positif

Tak akan ada yang sia-sia jika kita melakukan sesuatu hal dengan maksimal

Amoplus Magazine – Dalam membangun mobil, apa lagi untuk persiapan kontes tentu tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Semuanya harus dilakukan dengan penuh perhitungan. Jika tidak, tentu hasilnya pun tak akan maksimal. Di Kota Surabaya kami menemukan beberapa mobil yang mana para pemiliknya sering kali ikut serta dalam ajang kontes car audio. Salah satunya adalah Honda Jazz hijau ini yang dimiliki oleh Rizki Ardiansyah.

Jazz-MTS-1

Jika dilihat secara kasat mata, skema yang diterapkan terlihat “jelimet”. namun sebetulnya tidak. Sistemnya malah terbilang sederhana. Mungkin kata “rumit” lebih tepat disandangkan pada proses penggarapannya. Karena setiap perangkat yang terpasang disini semuanya telah malalui tahap perhitungan. dari mulai pemilihan perangkat, hingga ke penempatannya. Untuk pembahasan lebih lengkapnya, kami sajikan sebagai berikut.

Jazz-MTS-4

Head unit
Meski slotnya mencukupi untuk dipasangi head unit double din, namun nampaknya sang pemilik lebih tertarik untuk menggunakan HU single din Alpine 117E. Bila sang pemilik lebih memprioritaskan kualitas suara, pilihannya ini bisa dikatakan tepat. Pasalnya karena fitur entertainment-nya tak sebanyak double din, umumnya HU single din lebih difokuskan untuk reproduksi suara yang lebih baik.

Jazz-MTS-5

Prosesor
Untuk perangkat pengolah suara di mobil ini dipasangkan Alpine PXA-H700. Perwujudannya sepintas memang sederhana, hanya berupa kotak kecil yang biasanya ditempatkan tersembunyi dalam mobil. Meskipun demikian kalau sudah urusan suara tak perlu diragukan lagi. Banyak para jawara car audio telah mengakui kehebatannya.

Jazz-MTS-3

Amplifier
Di awal kami sempat sebutkan bahwa sistem yang terpasang di mobil ini tergolong sederhana. Jika mobil SQ pada umumnya menggunakan dua amplifier, di mobil ini hanya terpasang satu saja. Ia adalah amplifier lima kanal Harmotech M5. Empat kanalnya digunakan untuk mendrive speaker split yang terpasang di bagian depan. Sedangkan satu kanal tersisa dikhususkan untuk mengangkat subwoofer.

Jazz-MTS-2

Speaker
Speaker yang digunakan dalam mobil ini adalah Focal KRX. Sedangkan untuk subwoofernya menggunakan Focal Polyglass 21V2. Speaker yang terpasang di mobil ini memang sengaja merek-nya diseragamkan. Tujuannya adalah agar karakter suara yang dikeluarkan relative sama.

Jazz-MTS-6

Setelah melihat penjabarannya, bagaimana ? sederhana bukan ? Secara skema memang terlihat sederhana. Namun jika dilihat dari proses penggarapannya tentu tak sesederhana itu. Banyak hal-hal lain yang turut dikemas dalam sistem audio di mobil ini. Seperti halnya peredaman, penempatan benda-benda akustik, pemilihan kabel, dan masih banyak lagi yang lainnya. Itu menunjukan bahwa dalam proses penggarapan mobil ini tidaklah mudah. Namun berkat proses pengerjaan yang maksimal, kini mobil ini telah berhasil menorehlkan hasil positif. Ia berhasil menjadi raja pada beberapa kontes yang diikutinya. Hebat …

Jazz-MTS

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.