Amoplusmagz
Jenis-Jenis Enclosure Subwoofer Part 1 Jenis-Jenis Enclosure Subwoofer Part 1
Jakarta, amoplusmagz.com - Subwoofer pada Car Audio sangat penting. Karena subwoofer yang bagus dan diinstalasi serta disetting dengan baik akan mendukung reproduksi suara yang... Jenis-Jenis Enclosure Subwoofer Part 1

Jenis-Jenis Enclosure Subwoofer Part 1

Jakarta, amoplusmagz.com – Subwoofer pada Car Audio sangat penting. Karena subwoofer yang bagus dan diinstalasi serta disetting dengan baik akan mendukung reproduksi suara yang megah dan mempesona.

1.Subwoofer sendiri sebenarnya menghasilkan nada rendah yang sifatnya omnidirectional namun pada praktiknya ketika panel pintu beresonansi maka suara bass akan terlokalisasi di panel tersebut dan mengakibatkan efek suara bass yang teridentifikasi berasal dari belakang misalnya.

Karena itu dengan membenahi faktor peredaman ini maka pada saat bass bergetar mengikuti nada dan irama maka panel body dan kaca tidak ikut berderak yang mengakibatkan suara bass menjadi berkurang kualitasnya.

Di samping itu arah dari subwoofer sebaiknya dieksperimenkan sebelum final installation dilakukan karena hal ini akan membantu ilusi bass di depan secara optimal.

2.Kualitas Driver Subwoofer

Subwoofer berkualitas harus sesuai dengan peruntukannya contoh ada subwoofer 5 inch, 6 inch, 7 inch, 8 inch, 10 inch, 12, inch, 15 inch, 18 inch (bahkan ada yang lebih yang tentu saja tidak sesuai untuk penggunaan sehari2). Yang paling populer adalah ukuran 8 sampai 12 inch. Mengapa demikian? Karena dianggap cukup mumpuni menghasilkan bass yang sangat rendah namun tetap praktis. O iya sebagai catatan driver 8 yang menghasilkan suara 30 Hz dan driver 12 yang menghasilkan suara 30 Hz dengan intensitas sama-sama 100 db akan menghasilkan nada rendah yang sama yaitu dia akan bergetar 30 kali per detik. Bedanya yang 8 inch sudah megap-megap koilnya sedangkan yang 12 masih aman karena memang dengan koil dan motor serta magnet yang lebih kuat.

Jadi sesuaikan dengan peruntukannya!

Perhatikan juga Parameter seperti Frekuensi response, frekuensi resonance (fs), sensitivity, power ratingnya serta ukuran boxnya.

Contohnya ada subwoofer yang memiliki frekuensi response 15-80 Hz dengan fs 10 Hz ini dan sensitivity 95 db/1m dan xMax 12mm, Vas 30l maka dia akan bersuara rendah dan dalam dengan power yang kecil saja serta boks berukuran normal

3.Jenis Box Subwoofer

Rancangan box suatu speaker akan menentukan hasil akhirnya, beberapa installer mempergunakan software seperti LMS, TrueBox dll untuk membantu mencocokan parameter speaker dengan box idealnya.

Ini bagian yang cukup penting mengingat jenis box atau enclosure ada beberapa jenis sebagai berikut:

3.1 Sealed enclosure (kotak tertutup)

Merupakan kotak paling populer karena gampang dibuat dan tidak terlalu fatal kalau ada kesalahan pengukuran. Untuk hasil maksimal sebaiknya di dalamnya diisi dengan peredam seperti glasswool atau dacron untuk mendapat response suara yang diinginkan. Disebut juga sebagai Acosutic Suspension Box karena mempergunakan udara di dalam kotak yang berfungsi sebagai suspensi bagi speaker tersebut.

Keunggulan : mudah dibuat, praktis, bersuara terkontrol (tight) dan seringkali memiliki respon yang ideal

Kelemahan : kurang efisien dibanding ported, kurang mentereng

3.2 Ported Enclosure/Vented Enclosure

Merupakan kotak kedua paling populer, secara umum dia membutuhkan volume lebih luas daripada sealed. Prinsipnya memanfaatkan backwave dari driver untuk dituning pada portednya sehingga output dari frontwave dan backwave akan saling memperkuat. Efeknya gebukan bass yang kuat dan mantab.

Keunggulan : Efisien, Suara lebih keras, cocok untuk SPL

Kelemahan : Kontrolnya tidak sebaik sealed terutama pada frekuensi di bawah frekuensi tuningnya.

3.3 Infinite Baffle Enclosure

Prinsipnya adalah menempatkan speaker pada bidang yang lebar seperti bagasi. Ini untuk kepraktisan bagi mereka yang tidak mau membuat khusus box speaker.karena speaker hanya diletakan pada bidang tertentu misalnya bagasi. Dan bagasi kita akan berfungsi  sebagai enclosurenya

Keunggulan : Praktis tidak butuh custom box

Kelemahan : Frequency Response tidak sebaik sealed

3.4 Bandpass Enclosure

Ini adalah gabungan keunggulan antara sealed dengan ported dengan meloloskan hanya range frekuensi tertentu saja misalnya 30-60 Hz

Keunggulan : Bersuara dalam dan bersih serta optimal pada range frekuensi bandpassnya

Kelemahan : Besar, rumit dalam pembuatannya dan gampang jebol karena speaker difilter sedemikian rupa sehingga suara sember seringkali tertutupi

3.5 Transmission Line Enclosure

Merupakan salah satu boks terbaik untuk suara bass sekaligus paling rumit dan paling besar dan menggabungkan kerumitan perhitungan bandpass dengan semua box lainnya.

Keunggulan : Bass paling dalam dan berkualitas

Kelemahan : Besar sekali boxnya (tidak praktis) dan sedikit kesalahan perhitungan dan suara akan lebih hancur daripada box lainnya. Perlu driver relatif khusus dan mahal

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.