Amoplusmagz
Ini Baru Namanya “Audio Mobil” Ini Baru Namanya “Audio Mobil”
Amoplus Magazine - Ada berbagai cara untuk membuat sebuah sistem audio yang baik, dan enak didengar tentunya. Para installer yang sudah berpengalaman biasanya memiliki... Ini Baru Namanya “Audio Mobil”

Pada dasarnya audio mobil adalah audio yang dipasangkan dalam mobil. Jadi seharusnya keberadaannya tak sampai mengganggu fungsi utama dari mobil itu sendiri.

Amoplus Magazine – Ada berbagai cara untuk membuat sebuah sistem audio yang baik, dan enak didengar tentunya. Para installer yang sudah berpengalaman biasanya memiliki trik-trik khusus untuk meracik sistem yang baik. Konsep yang digunakan pun beragam. Ada yang sepenuhnya dikerjakan atas prakarsa si installer, atau ada juga pemilik mobil yang turut serta menuangkan pemikirannya untuk membuat sebuah skema audio di mobilnya.

HRV-MegaAudio-Connector-Processor

HRV-MegaAudio-HeadUnit

Pekan lalu kami mendapati sebuah mobil Honda HRV yang terparkir di halaman workshop Mega Audio, Jakarta Barat. Menurut kabar mobil tersebut baru saja selesai digarap sistem audionya. Genre yang dipilih adalah sound quality. Dalam hal penyusunan konsep, sang pemilik mobil tak hanya tinggal diam. Tapi ia turut menuangkan ide-ide kreatifnya pada penggarapan audio di mobilnya ini. Konsep yang diusung cenderung mengarah ke elegant minimalis. Sang pemilik ingin audio yang terpasang di mobilnya ini bisa menambah kesan elegan, tanpa mengurangi ataupun merubah fungsi utama dari si mobil itu sendiri.

Area depan

Seperti mobil-mobil SQ pada umumnya, penyembur suara di area depan dipercayakan pada komposisi 3 way. Komposisi ini dinilai mampu menghasilkan tonal lebih baik, karena tiap driver dapat dipekerjakan lebih maksimal di area kerjanya masing-masing. Speaker split yang dipekerjakan di area depan mobil ini adalah Flux Reference Series.

Area belakang

Kecuali head unit dan speaker split, semua perangkat audio yang diaplikasikan di mobil ini di tempatkan di bagian bagasi. Mengingat sang pemilik tetap menginginkan bagasinya berfungsi, jadi perangkat yang ada pun harus ditata sedemikian rupa agar tak sampai mengganggu fungsi dari si bagasi tersebut. Hal ini tentu menjadi perkara yang tidak mudah. Pasalnnya jumlah perangkat yang di tempatkan di bagian ini pun tidaklah sedikit. Di area ini terdapat dua amplifier Mosconi Zero 4, prosesor Alpine PXA H800 RP, subwoofer Focal 27KZ, dan masih banyak lagi benda-benda lainnya yang mendukung kinerja dari si audio itu sendiri. Karena itu konsep yang diterapkan pada mobil ini adalah seluruh perangkat yang ada di bagian belakang diposisikan menempel ke tiap sisi di area ini. Tujuannya supaya spot bagasi tidak tersita sepenuhnya untuk penempatan perangkat. dengan demikian bagasi mobil masih bisa digunakan untuk menampung barang bawaan, sekalipun didalamnya telah terdapat perangkat audio.

HRV-MegaAudio

Melihat konsep yang diterapkan pada HRV ini mengingatkan kami pada kata “audio mobil” itu sendiri. Pada dasarnya audio mobil merupakan skema audio yang diaplikasikan dalam mobil dengan maksud untuk menambah rasa nyaman pengemudinya kala menengarkan sistem audio tersebut. Untuk menambah rasa nyaman itu salah satunya bisa dilakukan dengan cara mengupgrade kualitas audionya, tanpa mengurangi fungsi utama dari si mobil. Yang diaplikasikan pada mobil ini bisa dikatakan benar-benar “audio mobil”. Kualitas audionya meningkat, namun fungsi utama dari sang mobil sama sekali tak terganggu.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.