Amoplusmagz
Improvement Audio pada Jimny Improvement Audio pada Jimny
Jakarta, amoplusmagz.com - Suzuki Jimny merupakan salah satu mobil yang terbilang masih cukup langka di Indonesia. Meski baru diluncurkan beberapa tahun lalu nampaknya sebagian... Improvement Audio pada Jimny

Improvement Audio pada Jimny

“Tanpa menghilangkan kesan original, audio pada mobil ini sukses diupgrade.”

Jakarta, amoplusmagz.com – Suzuki Jimny merupakan salah satu mobil yang terbilang masih cukup langka di Indonesia. Meski baru diluncurkan beberapa tahun lalu nampaknya sebagian orang masih mengeluh kesulitan mendapatkan unitnya. Sebagian besar yang memiliki mobil ini menjadikannya sebagai kendaraan Hobi. Artinya mobil tersebut tak melulu digunakan harian, hanya untuk kesenangan pemiliknya saja.

Namanya saja pehobi otomotif, kadang ada saja keinginannya untuk mempercantik mobilnya. Ada yang bermain di bodykit, ada juga yang bermain di audio atau interior lainnya. Nah yang kami jumpai kali ini kebetulan adalah Jimny yang telah dirombak sistem audionya.

Audio di mobil ini dirombak oleh workshop Music Art, Jakarta. Sistemnya menganut aliran SQ. Dalam proses perombakan sang installer enggan untuk menghilangkan kesan orisinalitas dari si mobil. Karena itu ia coba menempatkan perangkat-perangkat tambahan di area yang bisa dikatakan hampir tak terlihat.

Untuk head unit sang installer menempatkan HU double din dari Kenwood di konsol depan. Kemudian untuk speakernya menggunakan komposisi 2way German Maestro. Untuk midbass masih ditaruh di tempat standard-nya pada trim pintu depan. Sedangkan tweeter dibenamkan di pilar A dengan posisi saling menghadap. Sekilas tak akan terlihat rombakan di bagian depan ini, terlebih tweeter diposisikan terbenam di pilar A.

Untuk mempertebal karakter suara bass maka pada mobil ini turut ditambahkan juga satu buah subwoofer. Subwoofer tersebut ditempatkan di pintu belakang. Lagi-lagi posisinya dibenamkan pada dinding pintu, jadi kesannya tak terlihat ada ubahan.

Untuk menghidupkan speaker-speaker yang terpasang, satu amplifier Match dipasangkan. Meski bentuknya mungil nyatanya amplifier tersebut sanggup mendayai speaker split depan berikut dengan subwoofernya. Tak hanya sampai di situ, perangkat tersebut juga punya fitur mumpuni untuk pengolahan suara. Fitur DSP yang tersemat bisa diandalkan untuk merapihkan tata suara di mobil ini.

Secara keseluruhan, sistem yang terpasang memang terlihat simpel. Ada dua hal yang ingin dicapai oleh sang installer dalam projectnya kali ini, yaitu suara bagus dan mempertahankan kesan orisinalitas dari si Jimny ini. Kebetulan keduanya sukses tercapai.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.