Amoplusmagz
Honda Jazz Menghadirkan Musikalitas Dengan Staging Yang Akurat Honda Jazz Menghadirkan Musikalitas Dengan Staging Yang Akurat
Jakarta, amoplusmagz.com - Dalam meramu sebuah sistem audi mobil, selain pemilihan perangkat yang baik juga diperlukan kesesuain komponen yang tepat agar diperoleh hasil optimal.... Honda Jazz Menghadirkan Musikalitas Dengan Staging Yang Akurat

Honda Jazz : Menghadirkan Musikalitas Dengan Staging Yang Akurat

Jakarta, amoplusmagz.com – Dalam meramu sebuah sistem audi mobil, selain pemilihan perangkat yang baik juga diperlukan kesesuain komponen yang tepat agar diperoleh hasil optimal. Kali ini tim AmoPlus mencoba racikan Installer Otovariasi BSD Tangerang yang dikemas pada mobil Honda Jazz.

Jika kami telusuri komponen audio yang diterapkan pada sistem ini, terlihat hampir seluruhnya menggunakan brand Pioneer, baik dari head unitnya sampai pada amplifiernya, Hanya untuk prosesor mengandalkan VOX Pro 12 yang merupakan jenis prosesor 12 channel pada bagian I/O nya.

Penggunaan Pioneer DEX-P99RS sebagai mesin source-nya, tentunya merupakan pilihan terbaik untuk sistem ini, karena perangkat single-Din ini menjadi salah satu komponen yang sangat menentukan dalam menjamin kualitas suara hasil akhirnya. Walau pada dasarnya headunit besutan Pioneer tersebut telah dilengkapi dengan fitur prosesor internal, tapi tetap menggunakan prosesor eksternal. Ini mungkin untuk mendapatkan konfigurasi sistem audio sesuai yang diinginkan.

Sebagai penguat dayanya, kami lihat terdapat 3 unit power amplifier kelas D keluaran  Pioneer yang dijuluki “Big Power, Small Size”, dimana untuk konfigurasi 3-way system pada jajaran speaker depan, dipasang 2 unit power amplifier Pioneer GM-D9604 untuk bagian channel kanan dan kiri, sedangkan untuk menghandel driver Subwoofer, digunakan power amplifier  mono Pioneer GM-D9601 yang diklaim mampu menghasilkan daya maksimum mencapai 2.400 Watt!

Komponen speaker yang terpasang di pilar depan kanan dan kiri memadukan driver super tweeter Pioneer TS-Z65C  dan pasangan tweeter + midrangePioneer TS-C162, sedangkan pada tempat terpisah driver midbass tertanam di bagian pintu bawah yang secara keseluruhan dapat kami simpulkan bahwa sistem tata suaranya dibuat secara rapat, agar jangkauan frekuensi audio dapat dikaver mulus.

Seluruh komponen amplifier dan prosesor pada car audio system kali ini memang tidak akan terlihat dalam kondisi normal, karena semuanya di tempatkan tersembunyi di bawah jok, begitu juga untuk perkabelan juga tersusun rapi, tidak ada terlihat yang bersliweran, sehingga hanya komponen speakernya saja yang terlihat cukup mencolok.

Di sini untuk reproduksi nada rendah digunakan sebuah Subwoofer 12 inci Pioneer TS-D12D2 yang “mengorbankan” bagian kanan belakang kabin bagasi, namun terkesan masih memiliki ruang cukup lega untuk menempatkan barang-barang bawaan.

Semua perkabelan, baik dari RCA maupun kabel speaker, dipercayakan pada Flux Orchestra yang termasuk jenis kabel speaker kelas High Grade yang alurnya berada dibawah karpet, sehingga terlihat sangat rapi

Dari hasil pengujian sistem tata suara yang didominasi produk Pioneer kali ini, memang tak lepas dari kejelian Sang Instaler yang ingin mendapatkan panorama panggung alias soundstaging dengan tingkat akurasi yang mumpuni.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.