Amoplusmagz
High Quality Sound Quality High Quality Sound Quality
Amoplus Magazine - Di dunia car audio sebetulnya banyak cara bisa dilakukan untuk membuat sebuah sistem bekerja dengan baik. Dalam hal ini sang installer... High Quality Sound Quality

Untuk dapatkan hasil suara terbaik salah satunya bisa dilakukan dengan cara melibatkan peran dari perangkat-perangkat terbaik juga

Amoplus Magazine – Di dunia car audio sebetulnya banyak cara bisa dilakukan untuk membuat sebuah sistem bekerja dengan baik. Dalam hal ini sang installer bisa melakukan mix & match perangkat ataupun melakukan beberapa treatment khusus pada si mobil. Namun terlepas dari apapun itu, pemilihan sebuah perangkat tetap menjadi sesuatu hal yang sangat penting dalam membangun sistem audio. Karena biar bagaimanapun perangkat yang baik tentunya akan mampu juga menghasilkan suara yang baik. Memang sudah hukum alamnya seperti itu. Pemberian treatment hanya dilakukan bilamana hasil yang didapat dirasa kurang optimal saja, atau dalam arti lain untuk menyempurnakan. Selebihnya yang berperan penting tetap kembali lagi kepada perangkatnya.

Hrv-Helix-CV-2

Honda HRV ini seluruh sistem audionya telah dirombak. Dan dalam proses perombakannya sang pemilik tak mau tanggung-tanggung, sederet perangkat audio kelas atas ia tanamkan di mobilnya ini. Memang pada dasarnya ia sudah hobi di dunia audio, jadi untuk soal biaya tak terlalu ia permasalahkan. Selama hasilnya sesuai ekspektasi, ia tetap akan merasa senang dengan sistem audionya tersebut

Hrv-Helix-CV-3

Audio di HRV ini dirombak langsung oleh tim Revealing Sound yang berlokasi di bilangan Serpong, Tangerang Selatan. Sejauh ini workshop Revealing Sound memang sudah cukup dikenal di belantika peraudio mobilan tanah air. Terlebih karena karya-karyanya yang sudah banyak bertengger di tangga juara kontes-kontes audio mobil di tanah air. Atas dasar hal tersebut, maka tak salah jika pemilik HRV ini mempercayakan audio di mobilnya pada Revealing Sound. Karena seperti yang sudah kami katakan tadi, memang sudah terbukti kapabilitasnya sebagai workshop audio.

Bicara soal sistem, yang dianut oleh mobil ini adalah sound quality (SQ), sound quality yang berkualitas mumpuni. Meski sistemnya SQ, tapi lihat deretan perangkatnya. Bahkan area belakang HRV ini kini nampak sangat padat oleh perangkat-perangkat audio tambahan. Jika sudah seperti ini kemungkinan besar area bagasi mobil ini sudah tidak bisa lagi difungsikan sebagaimana mestinya.

Hrv-Helix-CV-9

Di bagian depan, atau lebih tepatnya pada slot head unit terpasang perangkat lansiran Sony seri RSX-GS9. Perangkat ini mendapat tugas sebagai pemutar file hi res di mobil ini. Karena ia tak dibekali fitur untuk membaca CD maka pada slot head unit ini juga tetap ditambahkan head unit Alpine F1 Status.

Untuk penghasil suara, di kabin depan dipasangkan satu set speaker 3way kombinasi dari tweeter Ground Zero Reference 28, midrange Dynaudio Esotar 2 430, dan midbass Dynaudio Esotar 2 650. Untuk tweeter dan midrange penempatannya dilakukan seperti biasa di pilar A. Sedangkan untuk midbass posisinya ditempatkan di tempat standard-nya pada trim pintu depan, kemudian dibuatkan sedikit baffle dan posisinya sedikit di-angle ke atas. Tujuannya adalah supaya midbass bisa bekerja di area frekuensi yang lebih rendah sekaligus suaranya bisa terdengar lebih naik.

Di sektor pengolah suara ada prosesor Helix DSP Pro MKII. Perangkat inilah yang bertanggung jawab penuh atas pengelolaan output suara di HRV ini. Ia memiliki banyak fitur mumpuni untuk pengolahan suara. Karakter suaranya pun dinilai baik. Salah satunya karena hal itulah kini ia banyak diandalkan oleh para pemain audio.

Di lini penguat suara ada lima buah Amplifier BRAX dipasangkan di mobil ini. Dari lima amplifier tersebut tiga diantaranya adalah seri GX-2000 untuk mendrive midbass dan subwoofer, dan dua lainnya seri GX-2400 untuk menggerakan tweeter dan midrange.  Oh ya, untuk subwoofer yang diaplikasikan pada mobil ini adalah Morel Ultimo SC10”.

Hrv-Helix-CV-5

Di lini penguat suara ada lima buah Amplifier BRAX dipasangkan di mobil ini. Dari lima amplifier tersebut tiga diantaranya adalah seri GX-2000 untuk mendrive midbass dan subwoofer, dan dua lainnya seri GX-2400 untuk menggerakan tweeter dan midrange.  Oh ya, untuk subwoofer yang diaplikasikan pada mobil ini adalah Morel Ultimo SC10”.

Hrv-Helix-CV

Dilihat secara menyeluruh, dari mulai head unit sampai speaker semua diisi oleh perangkat-perangkat branded, yang memang secara nama dan kualitas sudah tak ada yang meragukannya lagi. Tak heran bila saat turun kontes mobil ini banyak disegani oleh peserta-peserta lain.

Hrv-Helix-CV-10

Pada dasarnya mobil ini merupakan mobil harian. Namun karena si pemilik memang hobi di audio, jadi ia tak mau tanggung-tanggung dalam mendandani mobilnya ini. Dan yang terpenting adalah ia senang dengan semuanya. Meski biaya yang keluar terbilang cukup besar tapi hasilnya sesuai dengan ekspektasi.

Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × four =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.