Amoplusmagz
High Class Car Audio System in a Classy Car High Class Car Audio System in a Classy Car
Jakarta, amoplusmagz.com - Mercedes memang tak pernah kehilangan kelasnya sebagai merek mobil mewah. Di Indonesia sendiri hingga kini sosoknya masih menjadi sesuatu yang istimewa... High Class Car Audio System in a Classy Car

“Sistem audio berkelas untuk mobil yang berkelas.”

Jakarta, amoplusmagz.com Mercedes memang tak pernah kehilangan kelasnya sebagai merek mobil mewah. Di Indonesia sendiri hingga kini sosoknya masih menjadi sesuatu yang istimewa untuk dimiliki. Harga memang tak pernah bohong. Dibalik bandrolnya yang terbilang tinggi nyatanya mobil-mobil keluaran Mercedes juga menyuguhkan kualitas produk yang memang mumpuni.

Sejatinya dengan hanya tampil standard saja mobil-mobil sejenis ini sudah sanggup memberikan kenyamanan yang luar biasa untuk para penunggangnya. Baik dari segi teknologi mesin, kenyamanan saat berkendara, hingga ke fitur-fitur lain yang dibawanya, semua telah didesain sedemikian rupa guna memberi kenyamanan yang lebih bagi para penggunanya.

Apa jadinya bila sosok mobil ini kembali dirombak sistem audionya? Kira-kira sistem seperti apa yang sepadan? Dan akan jadi seperti apa kira-kira hasil akhirnya? Dalam bahasan ini kami menampilkan salah satu mobil Mercedes milik Eric Budiman yang audionya telah dirombak total oleh workshop Concerto Surabaya. Seperti apa kira-kira sistemnya, berikut kami paparkan lebih detailnya.

Sistem audio di mobil ini menganut aliran SQ. Aliran ini dinilai lebih pas dengan sosok si mobil yang terlihat kalem namun berkharisma. Cukup mengerikan bila mengintip perangtat-perangkat audio yang terpasang. Seluruhnya terdiri dari produk branded yang berkelas.

Kita mulai saja dari head unit, sebagai tempat memutar file pada mobil ini didaulat oleh Bewith MM1D, sebuah source audio yang memiliki bentuk seperti kaca spion. Head unit standard tetap difungsikan sebagaimana mestinya, namun khusus untuk pemutaran audio tugasnya di ambil alih oleh Bewith MM1D.

Lanjut ke bagian speaker. Untuk penghasil suara di kabin depan mobil ini dipercayakan pada satu set speaker Focal Ultima. Midbass-nya ditaruh di tempat standard pada trim pintu depan. Sementara untuk tweeter diposisikan di panel sudut kaca dekat pilar A, sama-sama di posisi standard namun telah sedikit dimodifikasi.

Speaker speaker tersebut di drive langsung oleh amplifier Audison. Total ada tiga amplifier Audison terpasang di mobil ini. Dua adalah Audison  HV Venti, dan satu lainnya adalah Audison TH Quatro. Sementara itu untuk pengolah suaranya dipercayakan pada prosesor Brax DSP.

Untuk susunan sistem luar biasa seperti ini tak mungkin menggunakan kabel yang biasa saja. Sebenarnya mungkin saja sih, namun rasanya kurang sepadan saja, hhehehe..

Nah untuk perkabelan di mobil ini khususnya untuk kabel RCA menggunakan Tchernov Ultimate. Kalian yang sudah cukup lama bermain audio tentunya tak akan asing dengan produk kabel satu ini. Harganya memang terbilang tinggi, namun sepadan dengan kualitas yang disuguhkannya.

Oh ya satu lagi, agar sistem yang terpasang dapat tersaji lebih optimal, maka kondisi di dalam mobil pun tentunya harus dibuat lebih minim nois. Maka dari itu sebelum semua perangkat terpasang, terlebih dahulu sekujur tubuh mobil dibubuhi oleh peredam. Selain membuat mobil menjadi lebih rigid, pembubuhan peredam juga memberikan efek agar suasana dalam mobil menjadi lebih tenang. Dalam hal ini peredam yang digunakan adalah Silentcoat.

Overall mobil dan sistem audio yang terpasang di dalamnya nampak benar-benar sepadan. Dalam mobil berkelas kini terdapat juga sistem audio yang berkelas.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.