Amoplusmagz
Hertz 163L.5 Hertz 163L.5
Hertz kali ini menyuguhkan sistem speaker yang dikemas untuk memadu 3 jenis driver yang masing-masing bertugas untuk menangani jangkauan frekuensi secara terpisah, yaitu Hertz... Hertz 163L.5

Speaker System 3-Way High Class Yang Terjangkau

Amoplus Magazine – Suara terbaik dalam ruang kabin mobil untuk sistem audio, memang tidak dapat dipungkiri kalau sistem 3-way masih menjadi primadona. Tapi bukan berarti sistem 2-way tidak baik, cuma diperlukan crossover andal agar diperoleh hasil yang optimal untuk sistem 3-way.

Seperti halnya produk keluaran Hertz kali ini menyuguhkan sistem speaker yang dikemas untuk memadu 3 jenis driver yang masing-masing bertugas untuk menangani jangkauan frekuensi secara terpisah, yaitu Hertz ESK 163L.5 yang merupakan sistem audio mobil tiga jalur, terdiri dari empat komponen ET 26.5, EMV 100.5, EV 165L.5 dan CX 300.5.

EV165L.5 adalah jenis driver bas berdiameter 6,5 inci dengan tampilan konus unik dengan dust-cap cekung, dimana konus mengadopsi bahan paper pres anti air agar terkemas rigid namun lentur. Begitu pula dengan driver mid EMV 100.5 dengan desain yang mirip, hanya salah pada bagian pinggir proses baut dibuat segi empat.

Pada komponen tweeter ET 26.5 dipergunakan jenis dome 1 inci dengan grill paten, dengan penutup magnet khusus agar dapat ditempatkan sesuai kebutuhan. Dan yang terakhir adalah komponen inti berupa crossover CX 300,5 yang bertugas membagi frekuensi pada 3 driver tersebut di atas agar mampu menciptakan kolaborasi yang menghasilkan sistem suara dengan karakter tertentu.

Saat pengujian speaker Hertz ESK 163L.5, AmoPlus mencoba untuk memainkan berbagai genre musik, agar dapat diperoleh tingkat kemampuan speaker tersebut secara menyeluruh, yang pasti kami ambil lagu-lagu dari CD kualitas Audiophile. Dari hasil pengujian di atas, ternyata kinerja speaker sistem 3-jalur Hertz ESK 163L.5, memang tidak megecewakan, alias mantap, karena mampu memberikan performa musikalitas yang nyaris sempurna, termasuk pada kualitas vokal yang cenderung tebal, ini mungkin berkat dukungan midrange yang mampu dihandel dengan baik tanpa cacat.

Kualitas treble yang mengandalkan tweeter dome, juga sangat menunjang dalam menampilkan citra musik secara transparan, apalagi jangakauan frekuensi yang mamupu ditangani cukup tinggi, sehingga terbukti kalau konfigurasi 3 jenis driver tersebut mampu bersinergi secara akurat dengan komponen crossver, sehingga mampu membentuk alunan musik yang flat dengan konstruksi bas yang seimbang.

Spesifikasi :

Woofer size mm (in.) 165 (6.5
Tweeter size mm (in.) 26 (1)
Woofer magnet High density flux ferrite
Tweeter magnet Neodymium
Woofer cone Water repellent non pressed paper
Tweeter dome Tetolon
Crossover type LP/BP/HP
Crossover cut off 600 Hz – 12/6 dB Oct. 6 kHz – 6/12 dB Oct.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 18 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.