Amoplusmagz
Helix F62C Helix F62C
Jakarta, amoplusmagz.com - Helix F62C adalah system loudspeaker dua-jalur yang dirancang untuk kebutuhan tata suara audio mobil kelas hi-fi yang memberikan kemudahan dalam instalasi,... Helix F62C

Helix F62C

“Sistem Speaker Two-Way Dengan Crossover Fleksibel.”

Jakarta, amoplusmagz.com – Helix F62C adalah system loudspeaker dua-jalur yang dirancang untuk kebutuhan tata suara audio mobil kelas hi-fi yang memberikan kemudahan dalam instalasi, dimana produk buatan Jerman ini  merupakan satu set loudspeaker yang terdiri atas sepasang loudspeaker midwoofer 6,5 inci dan sepasang tweeter dome yang ditunjang pula oleh sepasang crossover sistem dua-jalur dengan kemudahan konfigurasi setting.

Midwoofer Helix F62C menyuguhkan sosok driver dengan dustcap yang cembung dan lancip mengikuti tren produk high end ditunjang oleh frame basket yang lumayan kokoh, dimana  bagian magnet tertutup sebagian dibalut bahan karet, sehingga terlihat rapi.

Sebagai pasangannya, kami dapati sepasang tweeter model kubah dengan cap cukup besar, dimana driver ini ditunjang oleh casing yang terbuat dari bahan jenis plastik dengan kemasan casing yang bersaput warna hitam dof dan dirancang dengan pelindung.

Rancangan crossover pasif yang disertakan pada paket ini disetting dengan filter 6dB/12 oktaf yang dianggap match dengan pasangan driver tersebut di atas serta menawarkan jenis “Flex-Crossover” yang inovatif untuk memberikan kebebasan dalam hal konektivitas dan instalasi. Dengan demikian system speaker ini menjadi pilihan pertama terutama jika tweeter dan woofer dipasang secara terpisah pada pintu dan pilar.

Untuk melakukan pengujian Helix F62C, kami menggunakan headunit single-DIN Alpine CDE-163EBT, dipasangkan dengan amplifier Helix empat kanal yang dikonfigurasi menjadi sistem stereo, sedangkan untuk perkabelan kami menggunakan kabel RCA standar yang didukung oleh material copper.

Ketika pengujian speaker tersebut, kami menggunakan kotak speaker dengan volume standar yang diameternya cocok untuk  Helix F62C. Kami coba beberapa musik referensi yang kami putar untuk pengujian kali ini, terutama lagu-lagu dari CD versi contest yang berisikan beberapa lagu dengan berbagai genre.

Dari hasil pengujian di atas, kinerja speaker sistem dua-jalur ala Helix F62C ternyata mampu menyuguhkan performa musikalitas yang tergolong dinamis, termasuk pada kualitas vocal yang  mumpuni, dimana karakternya lembut namun jelas, bahkan suara gebukan bas yang dihasilkan sangat solid.

Pada bagian frekunsi tingginya, reproduksi treble terdengar memang mampu menjangkau frekuensi yang cukup tinggi yang baik, bahkan hasil kolaborasi dengan woofernya, yang dipadu dengan crossover bawaan Helix, dapat menyajikan nuansa musik yang transparan.

Spesifikasi :

Power RMS / max. 60 / 120 Watts
Frequency response 55 Hz – 22,000 Hz
Impedance 3 Ω
Efficiency 1 W / 1 m 91 dB
Cone material TW: Silk dome
M:
W: Injected  polypropylene with embedded carbon fibers
Crossover Separate, 12/12 dB slope and tweeter protection
Outer diameter TW: 52.6 mm / 2.07″
M: –
W: 165 mm / 6.50″
Installation diameter TW: 45 mm / 1.77″
M: –
W: 142 mm / 5.59″
Installation depth TW: 17.3 mm / 0.68″
M: –
W: 61 mm / 2.40″
 Dimensions crossover Tweeter: 51.5 x 27.5 x 20.5 mm / 2.03 x 1.08 x 0.81″
Woofer: 57 x 27.5 x 23.5 mm / 2.24 x 1.08 x 0.93″

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.