Amoplusmagz
Helix DSP Mini : Prosesor Mini Bersuara Megah Helix DSP Mini : Prosesor Mini Bersuara Megah
Penggunaan prosesor dalam membangun system audio mobil kini sudah menjadi syarat mutlak untuk mendapatkan kualitas audio yang mumpuni. Apalagi dengan banyaknya pilihan model serta... Helix DSP Mini : Prosesor Mini Bersuara Megah

Amoplus Magazine – Penggunaan prosesor dalam membangun system audio mobil kini sudah menjadi syarat mutlak untuk mendapatkan kualitas audio yang mumpuni. Apalagi dengan banyaknya pilihan model serta brand yang beredar di pasaran, tentunya sangat menunjang para Car Audiophile.

Saat ini mesin prosesor audio lebih mengedepankan dimensi yang semakin praktis, bahkan kemasannya juga semakin mini, seperti Helix DSP Mini yang belum lama ini masuk lab AmoPlus, dimana ukurannya hanya sebesar buku.

Helix DSP Mini didukung CoProcessor 32-bit yang luar biasa dari generasi terbaru yang kinerjanya dapat diandalkan untuk system koneksi baik secara internal maupun eksternal dibanding generasi terdahulu yang beroperasi pada 8-bit. Kali ini, prosesor terbaru tersebut mampu menghadirkan komunikasi data dengan perangkat lunak DSP mencapai kecepatan yang jauh lebih tinggi.

Selain itu, prosesor Helix DSP Mini memungkinkan untuk menangani semua jenis sinyal dengan tingkat sampling ganda 96 KHz. Dengan demikian, bandwith audio tidak lagi terbatas pada nilai umum yang hanya 22 KHz. Dan sangat dimungkinkan chip DSP terbaru ini  mampu menjalankan pengambilan sampel 96 KHz pada saat bersamaan.

Fitur “RealCenter” adalah algoritma yang dikembangkan oleh Audiotec Fischer, sebagai pembuatnya yang menekankan informasi musik yang ada di saluran depan kiri dan kanan untuk membuat sinyal pusat yang unik. Berbeda dengan prosedur umum, artinya jika hanya saluran kiri atau kanan yang mengirimkan sinyal audio, kanal tengah tidak akan mereproduksi sinyal.

Keberadaan “Augmented Bass Processing”, terdiri dari dua fitur suara revolusioner “Dynamic Bass Enhancement” dan “SubXpander”, dikembangkan secara khusus untuk meningkatkan reproduksi bass subwoofer secara dramatis, sehingga menggabungkan bass dalam kondisi maksimum yang tetap terkontrol. Dengan pengaturan frekuensi cut-off dari filter subsonik, hasilnya adalah respons bas yang jauh lebih bertenaga dan lebih dalam pada tingkat volume rendah dan sedang tanpa risiko kelebihan beban subwoofer baik secara mekanis maupun elektrik pada tingkat volume tinggi.

Jika Anda menginginkan reproduksi bass yang lebih rendah dan lebih dalam, “SubXpander” dapat diaktifkan sebagai tambahan. Oleh karena itu, nada sub harmonic ditambahkan ke nada dasar dalam rentang frekuensi antara 50 dan 100 Hz.

Fitur yang cukup mengesankan adalah “StageXpander” , dimana dengan pengaturan speaker di dalam kendaraan, tata panggung suara stereo yang lebih atau kurang lebar dapat dibuat di posisi kursi depan. Dan suara vocal akan berada di tengah. Disinilah “StageXpander” sangar berperan, yang tampaknya mendobrak batasan akustik dan memungkinkan untuk menciptakan efek stereo yang lebih luas tanpa berdampak negatif pada presisi lokalisasi suara maupun instrument music. Dan semua itu dapat disesuikan menurut preferensi sesuai selera.

Ada lagi fitur “ClarityXpander” dari Helix DSP Mini, yang menginginkan lebih banyak transparansi dan dalam reproduksi treble dengan tingkatan clarity yang akurat, dimana fitur ini mampu menambahkan harmonik tambahan di rentang frekuensi atas, sehingga sangat berguna jika speaker asli kurang dalam respons treblenya. Tendangan treble ekstra tersebut tidak hanya tersedia untuk dua kanal depan tetapi juga dapat disesuaikan secara terpisah untuk kanaltengah. Bahkan suara tengah memungkinkan untuk mengaktifkan kontrol otomatis dan dinamis sehingga musik dengan suara treble tidak melelahkan pendengaran Anda.

Inputs 4 x RCA / Cinch
4 x Highlevel speaker input
1 x Optical SPDIF (12 – 96 kHz)
1 x Remote In
Input sensitivity RCA / Cinch 2 – 4 Volts
Highlevel 5 – 11 Volts
Outputs 6 x RCA / Cinch
1 x Remote Out
Output voltage 4 Volts
Frequency response 10 Hz – 44,000 Hz
DSP resolution 64 Bit
DSP power 295 MHz (1.2 billion MAC operations/second)
Sampling rate 96 kHz
DSP type Audio signal processor
Signal converters A/D: Asahi Kasei
D/A: Asahi Kasei
Signal-to-noise ratio digital input 106 dB (A-weighted)
Signal-to-noise ratio analog input 103 dB (A-weighted)
Total harmonic distortion (THD+N) digital input < 0.001 %
Total harmonic distortion (THD+N) analog input < 0.002 %
IM distortion (IMD) digital input < 0.004 %
IM distortion (IMD) analog input < 0.004 %
Crosstalk > 90 dB
Operating voltage 9.6 – 18 Volts (max. 5 sec. down to 6 Volts)
Current draw < 400 mA
Max. remote output current 500 mA
Additional features HEC slot, Ground lift switch, Control Input, 32 Bit CoProcessor, ADEP.3 circuit, Auto Remote switch
Dimensions (H x W x D) 40 x 177 x 104 mm

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.