Amoplusmagz
Helix B 62C.2 Helix B 62C.2
Amoplus Magazine - Helix merupakan salah satu brand audio kenamaan yang berasal dari Jerman. Nama besarnya didukung oleh kualitas mumpuni pada setiap produk yang... Helix B 62C.2

Speaker branded harga ekonomis

Amoplus Magazine – Helix merupakan salah satu brand audio kenamaan yang berasal dari Jerman. Nama besarnya didukung oleh kualitas mumpuni pada setiap produk yang dibuatnya. Selain di Jerman produk-produknya juga banyak tersebar di Negara-negara lain, termasuk salah satunya adalah Indonesia.

Baru-baru ini Helix kembali meluncurkan satu varian terbaru untuk produk speaker yang dimilikinya, yaitu Helix B 62C.2. Seri B 62C.2 ini berisikan satu set speaker 2way yang terdiri dari midbass, tweeter beserta passive crossover-nya. Sosoknya kebetulan sudah “mampir” ke lab AmoPlus beberapa pekan lalu, jadi kami memiliki kesempatan untuk mengulasnya lebih jauh.

Helix-online-2

Midbass pada seri B 62C.2 ini terbuat dari bahan polypropylene untuk bagian konusnya, sedangkan pada bagian surround terbuat dari bahan rubber yang lembut dan elastis. Salah satu keunggulan dari bahan polypropylene adalah daya tahannya yang lebih baik dari segala jenis cuaca. Bobotnya lebih ringan dan kaku, sehingga mampu menghasilkan respon suara bass yang lebih baik.

Untuk tweeter pada seri ini memiliki ukuran sebesar 1”, terbuat dari silk dome. Bahan silk dome memiliki keungulan dari segi reproduksi suaranya yang lebih halus. Jadi ketika sampai di telinga suara yang diperdengarkan tentunya akan terasa lebih nyaman. Di bagian magnet jenis yang digunakan adalah neodymium. Seperti yang kita ketahui jenis magnet yang satu ini adalah salah satu yang paling handal untuk pembuatan tweeter.

Umumnya speaker split dilengkapi dengan passive crossover untuk memisahkan sinyal suara. Satu set Helix B 62C.2 sudah dilengkapi dengan rangkaian passive crossover. Desainnya sedikit terlihat sederhana. Sepertinya Helix mendesain crossover-nya ini hanya untuk menapis suara saja, tidak untuk macam-macam.

Pada pengujian yang lakukan, kami memutar beberapa lagu dengan genre yang berbeda. Suara pada frekuensi tinggi terdengar lembut, namun tetap memiliki detail yang baik. Suara yang diperdengarkan sama sekali tak membuat telinga menjadi lelah.

Helix-online

Meski berlabel perangkat asal Jerman, tapi Helix B 62C.2 ini dibanderol dengan harga yang terbilang bersahabat dengan kocek. Tak salah bila kami menyebutnya sebagai produk branded yang berharga ekonomis. Meski begitu, untuk soal kualitas tentunya tak perlu diragukan. Helix telah mendevelop produknya ini dengan seoptimal mungkin. Jadi meskipun dibanderol dengan harga ekonomis kualitasnya tetap bisa diandalkan.

Spesifikasi :

  • Power handling RMS / Max. : 60 / 180 Watts
  • Frequency range : 55 Hz – 22.000 HZ
  • Sensitivity : 91 dB 1W / 1m
  • Impedance : 4 Ohms
  • Doameter W / T : 165 mm / 25 mm; 6.50” / 1”
  • Installation depth W / T : 61 mm / 17.5 mm; 2.40” / 0.70”
  • Crossover : Separate, 6/12 dB slope and tweeter protection

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.