Amoplusmagz
Harmonis Dengan Budget Minimalis Harmonis Dengan Budget Minimalis
Jazz ini merupakan mobil besutan Eko Audio Soundworks, Kendal. Sistemnya menganut aliran SQ. Konsep rombakannya lebih mengarah ke kiblat simple minimalis. Dan usut punya... Harmonis Dengan Budget Minimalis

Budget minim bukan halangan untuk menciptakan sebuah sistem yang mumpuni

Amoplus Magazine – Sebagian orang beranggapan bahwa untuk membangun sistem audio yang mumpuni memerlukan budget yang besar. Makin besar budgetnya, makin bagus audionya. Namun percaya atau tidak anggapan tersebut tak sepenuhnya benar. Berdasarkan fakta yang terjadi di arena kompetisi, tak jarang mobil-mobil dengan budget selangit justru malah terguling dengan mobil yang berbudget jauh dibawahnya. Hal tersebut menunjukan bahwa kualitas audio tak bisa diukur hanya dari harganya saja, melainkan masih banyak faktor pendukung lainnya yang diperlukan untuk membuat sebuah sistem bekerja dengan baik. Misalnya saja seperti proses installasi, ketepatan setting suara, hingga ke pembubuhan beberapa treatment akustik di bagian dalam mobil.

Jazz ini merupakan mobil besutan Eko Audio Soundworks, Kendal. Sistemnya menganut aliran SQ. Konsep rombakannya lebih mengarah ke kiblat simple minimalis. Dan usut punya usut kabarnya bukan hanya konsep rombakannya saja yang dibuat minimalis, tapi budget perangkatnya pun bisa dikatakan minimalis. Meskipun begitu sang installer tetap berhasil meramu semuanya menjadi kesatuan yang harmonis. Sehingga suara yang dihasilkan pun tetap terdengar bersahaja di telinga.

Mengenai perangkat yang digunakan, di tempat head unit terpasang perangkat double din lansiran Pioneer seri AVH-X595BT. Sementara itu untuk penghasil suaranya di kabin depan kini dipercayakan pada satu set speaker 3way dari Crescendo. Perombakan yang dilakukan pada bagian depan hanya ini saja, selebihnya perangkat audio tambahan ditempatkan di bagian belakang.

Di bagian belakang Jazz ini terpasang satu unit prosesor Venom Pandora yang didaulat sebagai pengolah suara. Sedangkan untuk penguat suaranya dibebankan pada dua buah amplifier 4 kanal dari Crescendo. Semua perangat ini ditata rapih di bagian belakang, sehingga saat terpasang tampilannya tetap enak untuk dilihat.

Satu subwoofer Crescendo beserta sarangnya yang berjenis sealed ditanamkan di tempat ban serep Jazz ini. Tujuan penempatan subwoofer seperti ini adalah guna menghemat space yang tersedia. Dengan begitu area belakang mobil ini akan tetap dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Secara budget, audio yang terpasang di Jazz ini memang masuk dalam kategori low budget. Meski begitu jika mendengar hasil suaranya kita mungkin tak akan mengira bahwa sistem audio yang terpasang ini sejatinya dibangun dengan budget minimalis. Dalam hal ini sang installer berhasil meramu semuanya sehingga hasil suara yang dihasilkan tetap terdengar harmonis.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.