Amoplusmagz
Ground Zero Uranium 6.200SQ Plus Ground Zero Uranium 6.200SQ Plus
Uranium 6.200SQ Plus, yaitu salah satu seri power amplifier tertinggi dari Ground Zero dengan penampilannya yang elegan, terlihat dari bentuk casing yang tidak banyak... Ground Zero Uranium 6.200SQ Plus

Amoplus Magazine – Amplifier besutan Ground Zero kali ini memang menggelitik tim AmoPlus untuk mengamati lebih jauh apa kelebihan dari penguat daya yang dapat menyuguhkan keluaran sebanyak enam kanal speaker, selain dimensinya yang sepanjang lebih dari setengah meter, banyak fitur canggih yang di tawarkan.

Produk yang dimaksud di atas adalah Uranium 6.200SQ Plus, yaitu salah satu seri power amplifier tertinggi dari Ground Zero dengan penampilannya yang elegan, terlihat dari bentuk casing yang tidak banyak pernak-pernik namun terkesan eksklusif. Format pengaturan hanya ditempatkan pada satu sisi saja, walau untuk setting bias dalam bentuk trim variabel terdapat di bagian bawah amplifier.

Walau dirancang sebagai amplifier enam kanal, pada bagian pengaturannya dipisah dalam tiga segmen yang masing-masing untuk pengaturan per stereo channel, baik pada jalur masukan maupun keluaran terminal speaker, dimana terdapat kontrol crossover low pass dan high pass filter, selain level control. Untuk setiap per dua kanal dapat dilakukan bridge sesuai kebutuhan, sehingga dapat membentuk amplifier tiga kanal berdaya besar.

Yang jelas dengan adanya fasilitas input mode on/off yang disediakan memungkin banyak konfigurasi dapat dilakukan oleh Ground Zero Uranium 6.200SQ Plus. Seperti pembagian per dua kanal dapat dikonfigurasi utuh untuk enam speaker secara spread, empat kanal speaker dengan satu subwoofer, atau bahkan ketiga kanal dengan mode bridge dapat menangani tiga unit subwoofer.

Begitu melihat bagian jeroannya, 6.200SQ Plus memang tak terbantahkan jika memiliki desain sirkuit yang tertata sangat rapi, dimana setiap kanal terintegrasi dalam satu PCB dengan susunan komponen terbagi secara simetris, bahkan rangkaian catu daya dibuat secara terpisah.

Dengan PCB yang dirancang dalam layer ganda, membutikan jika amplifier Ground Zero Uranium 6.200SQ Plus memang sarat dengan komponen, termasuk transistor penguat akhir yang ditempatkan di bagian sebelahnya agar terpaut dengan casing yang juga merupakan bagian dari heatsink (pendingin).

Penggunaan komponen berkualitas juga menjadi salah satu fitur andalan amplifier ini, seperti komponen op-amp Burr-Brown® serta kapasitor buatan Wima® yang keduanya biasa diadopsi oleh perangkat kelas high end.

Banyaknya fitur yang disajikan Ground Zero Uranium 6.200SQ Plus, tentunya dengan satu unit perangkat ini, sepertinya sudah mumpuni untuk menunjang sistem penguat daya audio mobil secara keseluruhan. Fitur lain yang tidak kalah penting untuk sebuah amplifier adalah sistem pengaman, dimana Uranium 6.200SQ Plus telah dilengkapi dengan rangkaian sirkuit proteksi untuk speaker jika terjadi hubungan arus pendek, serta jika terjadi overload. Bahkan untuk pengatur suhu jika terjadi panas berlebih, juga terdapat kontrol temperatur yang akan menghidupkan kipas pendingin.

Spesifikasi :

– Type – 6 Channel fullrange class A/B

– Output Power @ 4 Ohm (CEA*) – 4x 110 W + 2x 160 W

– Output Power @ 2 Ohm (CEA*) – 4x 160 W + 2x 280 W

– Bridge mode @ 4 Ohm (CEA* / 10% THD) – 2x 380 W + 1x 640 W

– Lowpass – 20 – 400 Hz / 200 Hz – 4000 Hz (x10)

– Highpass – 20 – 400 Hz / 200 Hz – 4000 Hz (x10)

– Variable Bias Setting – Yes

– Dimension(cm) – 20.9 x 4.6 x 55.0 cm

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.