Amoplusmagz
Gramond R1 Neo Classic Gramond R1 Neo Classic
Gramond R1 Neo Classic adalah system loudspeaker dua-jalur yang dirancang untuk  aplikasi kebutuhan tata suara audio mobil kelas hi-fi yang tentunya bukan sekadar praktis... Gramond R1 Neo Classic

Sistem Speaker 2-Way Yang Mumpuni

Amoplus Magazine – Gramond R1 Neo Classic adalah system loudspeaker dua-jalur yang dirancang untuk  aplikasi kebutuhan tata suara audio mobil kelas hi-fi yang tentunya bukan sekadar praktis dan murah, dimana produk keluaran Gramond ini  merupakan satu set loudspeaker yang terdiri atas sepasang loudspeaker woofer 6.5 inci dan sepasang tweeter dome yang ditunjang pula oleh sepasang crossover sistem dua-jalur dengan kemudahan konfigurasi setting.

Woofer Gramond R1 Neo Classic menyuguhkan sosok driver dengan dustcap yang cekung mengikuti bentuk konus dengan ukuran konus 5 inci yang ditunjang oleh frame basket yang lumayan kokoh, dimana  bagian magnet tertutup rapat dibalut bahan karet, sehingga terlihat rapi. Teknologi yang diterapkan oleh konus woofer dengan  menggunakan kertas suara sebagai kunci dari Gramond R1 Neo Classic untuk memberikan kualitas suara yang natural, baik untuk reproduksi vokal maupun  instrumen music.

Sebagai gandengannya, kami dapati sepasang tweeter model kubah dengan cap besar, dimana driver ini ditunjang oleh casing yang terbuat dari bahan jenis plastik dengan kemasan casing yang bersaput warna hitam dof dan dirancang dengan resonansi 900 Hz dengan diameter softdome 34 mm., sehingga secara keseluruhan sistem loudspeaker Gramond R1 Neo Classic ini terlihat eksklusif. Rancangan crossover pasif yang disertakan pada paket ini disetting dengan filter 6dB/oktaf yang dianggap match dengan pasangan driver tersebut di atas.

Untuk melakukan pengujian Gramond R1 Neo Classic, kami menggunakan headunit single-DIN Alpine CDE-163EBT, dipasangkan dengan amplifier empat kanal yang dikonfigurasi menjadi sistem stereo, sedangkan untuk perkabelan kami menggunakan kabel RCA standar yang didukung oleh material copper.
Ketika pengujian loudspeaker tersebut, kami menggunakan kotak speaker dengan volume standar yang diameternya cocok untuk  Gramond R1 Neo Classic. Ada beberapa musik referensi yang kami putar untuk pengujian kali ini, terutama lagu-lagu dari CD versi EMMA yang berisikan beberapa lagu kelas kontes.

Dari hasil pengujian di atas, kinerja loudspeaker sistem dua-jalur Gramond R1 Neo Classic mampu menyuguhkan performa musikalitas yang tergolong baik, termasuk pada kualitas vocal yang  cukup tebal, bahkan kualitas bas yang dihasilkan cenderung bulat dan ketat.
Untuk hasil reproduksi treble yang mengandalkan tweeter kubah, kualitas treblenya terdengar memang mampu mengkaver jangakauan frekuensi yang cukup tinggi, bahkan hasil kolaborasi dengan woofernya, yang dipadu dengan crossover bawaan Gramond, kami dapati kualias musik yang memilki tingkatan tonal balance yang tersaji baik

Spesifikasi :

Woofer:

  • Ultra stiff die cast chassis
  • Coated paper cone for stability against humidity
  • Long linear cone excursion with 33mm voice coil
  • Design for infinite baffle application
  • Inverted dust cap for off axis application.

Tweeter:

  • 34mm soft dome tweeter
  • 900Hz resonance
  • Cross over: 6 dB/oct @ 2400 Hz with Eq.


No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − fifteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.