Amoplusmagz
Gramond Alpha 6M : 2-Way Speaker Praktis & Tegas Gramond Alpha 6M : 2-Way Speaker Praktis & Tegas
Kemampuan loudspeaker sistem dua-jalur Gramond Alpha 6M ternyata dapat menghasilkan reproduksi suara dengan musikalitas yang kental dengan repro vokal cukup tebal, walau trebelnya... Gramond Alpha 6M : 2-Way Speaker Praktis & Tegas

­

Amoplus Magazine – Keberadaan loudspeaker sistem dua-jalur di pasaran memang banyak diminati oleh para pengguna audio mobil, karena memiliki beberapa keunggulan tersendiri selain efesiensi yang utama, proses settingnya tidak rumit tanpa mengurangi kualitas audio secara keseluruhan. 

Gramond sebagai salah satu pembuat loudspeaker yang selalu inovatif dalam meluncurkan setiap produknya, termasuk seri paling anyar Alpha 6M yang dalam paket penjualannya terdiri dari sepasang driver woofer, sepasang tweeter, serta sepasang crossover pasif yang dirancang khusus untuk sistem dua-jalur.

Ketika tim lab Amoplus membuka paket yang dikemas dalam dus berwarna orange-hitam dengan logo Garamond serta lambang alpha, di dalamnya terdapat paket driver yang terdiri dari woofer 6,5 inci serta tweeter 21 mm, sedangkan paket crossover aktif di letakkan dalam kotak kecil terpisah, dimana menawarkan konfigurasi dengan slope 6 dB.

Untuk driver tweeter, Gramond Alpha 6M menyuguhkan jenis driver standar namun dengan casing yang terbuat dari plastic, dimana rancangan tweeter ini memang difungsikan untuk system mounting secara instan untuk dapat diletakkan di titik-titik dashboard sesuai keinginan.

Sedangkan untuk driver woofernya, kami lihat desain konus model dome dengan kontur tidak rata. Jika melihat casingnya, driver ini terkesan tidak terlalu istimewa, bahkan basket dan magnetnya terlihat umum, walau ukuran magnet lumayan besar untuk menyangga Midwoofer, sehingga terkesan kokoh.

Sebelum dilakukan pengujian, kami siapkan piranti penunjang, seperti headunit single-DIN Alpine sebagai mesin source yang kami pasangkan dengan amplifier empat kanal keluaran Venom yang dikonfigurasi menjadi sistem stereo pada mode fullrange

Saat pengujian suara, kami menggunakan kotak speaker standar dengan ukuran lubang pas untuk Gramond Alpha 6M. Ketika kami coba beberapa lagu yang diambil album CD kontes. Kualitas bas yang disajikan cukup gesit dan terkesan ketat walau konstruksi sasis yang terlihat kurang kokoh ternyata mampu mereduksi getaran resonansi dengan baik, sehingga kami dapati kontrol bas yang tidak mengecewakan.

Pada hasil reproduksi frekuensi tinggi, tweeter Gramond yang mengandalkan konsep kubah, mampu menghasilkan tanggapan yang serasa tak terbatas, bahkan dari pendengaran kami, terbukti crossover pasif bawaan Alpha 6M dikonfigurasi dengan titik guling frekuensi tinggi yang dibatasi, bahkan efek vokal yang di bagian atas tidak terlalu nylekit di telinga dan cenderung tebal.

Dari hasil pengujian suara secara keseluruhan, kemampuan loudspeaker sistem dua-jalur Gramond Alpha 6M ternyata dapat  menghasilkan reproduksi suara dengan musikalitas yang kental dengan repro vokal cukup tebal, walau trebelnya masih agak kering, ini dapat dimaklumi untuk sebuah driver yang belum lewak masa break-in.

Spesifikasi :

Diameter Woofer : 6,5 Inci

Diameter Tweeter : 21 mm (metal dome)

Tanggapan frekuensi : 50 – 20.000 Hz

Impedansi : 4 Ohm

Power rating : 100 watt

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.