Amoplusmagz
German Weapons In SQL Car German Weapons In SQL Car
Audio di HRV putih ini dibangun oleh workshop Dinata Audioworks, Tangerang. Sistemnya menganut genre SQL. Untuk urusan perangkat seluruhnya dipercayakan pada brand Ground Zero.... German Weapons In SQL Car

Andalkan perangkat asal Jerman, mobil ini berjaya di sejumlah kompetisi

Amoplus Magazine – HRV putih yang bertengger di cover majalah AmoPlus kali ini adalah milik Heru, salah seorang anggota HCI (HRV Club Indonesia). Untuk ukuran mobil seorang anggota komunitas, komposisi audio di HRV ini terbilang luar biasa. Pasalnya kebanyakan anggota komunitas mobil biasanya tidak begitu aware terhadap dunia audio. Karenanya meskipun melakukan perombakan di sektor audio biasanya konsep yang diusung sederhana saja.

FrontSystem

Melalui mobilnya ini, Heru sekaligus ingin memproklamirkan bahwa di HCI ini anggotanya tidak sekedar bermain di aksesoris saja, melainkan di audionya juga. Maka dari  itu tak perlu heran, di HCI ini kita akan cukup banyak menemukan para anggotanya yang memiliki sistem audio mumpuni, termasuk salah satunya adalah HRV putih milik Heru ini.

Model-n-Car

Audio di HRV putih ini dibangun oleh workshop Dinata Audioworks, Tangerang. Sistemnya menganut genre SQL. Untuk urusan perangkat seluruhnya dipercayakan pada brand Ground Zero. Dan seperti yang kita tahu brand audio asal Jerman ini memang dikenal memiliki perangkat-perangkat mumpuni untuk bermain SQL. Banyak para pecinta audio mengandalkannya untuk bertarung di arena kontes SQL.

Sesuai dengan genre yang dianut, yaitu SQL, maka perombakan audio di mobil ini lebih difokuskan di area belakangnya. Seperti yang dapat kita lihat area belakang HRV ini kini telah padat oleh perangkat-perangkat lansiran Ground Zero. Komposisi speaker di bagian depan juga sebetulnya turut dirombak namun tidak se-ekstrim bagian belakang.

RearSystem-Full

Komposisi speaker di kabin depan kini telah diubah menjadi 3way. Perangkat yang digunakan berasal dari brand Crescendo. Selain itu head unit OEM bawaan HRV posisinya kini juga turut digantikan oleh HU double din dari Pioneer.

Tweeter

HU

Beralih ke bagian belakang. Sedikit berbeda dari komposisi SQL pada umumnya, pemasangan speaker pada HRV ini tidak hanya dilakukan di bagian bagasi saja, melainkan di bagian pintu juga. Karenanya meski perangkat yang diaplikasikan terbilang banyak tapi kesannya tetap terlihat rapih dan enak dilihat.

Speaker yang bertugas sebagai penghasil tonal di bagian belakang diposisikan di pintu tengah. Di pintu ini ada 8 buah midrange GZCM 6.5 Pro, dan 4 buah tweeter GZCT 19N Pro. Keduanya merupakan perangkat yang didesain khusus oleh Ground Zero untuk bermain SQL. Jadi selain bisa berteriak lebih kencang, jangkauan suaranya pun lebih jauh. Bila didengarkan dari jarak jauh sekalipun (sekitar 15-20 Meter) suaranya tidak akan turun.

Speaker

Untuk penghasil dentaman bass, ada 2 subwoofer GZPW 12SPL terpasang di area bagasi. Subwoofer pada area ini ditempatkan dalam box ported. Masing masing subwoofer pada area ini disuplai oleh dua amplifier monoblok GZCA 5.0K. Jadi total ada 4 amplifier GZCA 5.0K yang bertugas untuk mendrive subwoofer d HRV ini.

RearSystem-Left

Amplifier-2

Lain halnya dengan subwoofer, midrange dan tweeter yang terpasang di pintu tengah HRV ini digerakan oleh 3 amplifier. Masing-masing adalah dua amplifier GZCA 1.2K (untuk midrange), dan satu lainnya GZUA 2.250 ( untuk tweeter).

Amplifier
RearSystem

Dengan komposisi audio seperti sekarang, mobil ini telah beberapa kali diikut sertakan dalam ajang kontes audio mobil. Hasilnya terbilang memuaskan. Sederet prestasi gemilang telah mampu ia torehkan. Tercatat sepanjang tahun 2017 kemarin ada 20 trophy yang berhasil ia rumahkan. Bukan tak mungkin kedepannya jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan banyaknya ajang kompetisi yang ia ikuti.

RearMonitor

Secara keseluruhan, Heru selaku pemilik mobil merasa cukup puas dengan performa mobil jagoannya ini. Ia berharap kedepan agar lebih banyak lagi teman komunitasnya yang terinfluens untuk membuat sistem seperti ini. Semakin banyak yang mengikuti tentunya akan semakin semarak saat mengikuti ajang kompetisi. Bukan tak mungkin nantinya HCI akan menjelma menjadi salah satu tim yang ditakuti di ajang kontes peraudio mobilan tanah air.

Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.