Amoplusmagz
Genetic GT 4100 Genetic GT 4100
Jakarta, amoplusmagz.com - Trend audio mobil saat ini memang lebih kepada nuansa yang lebih memanjakan telinga atau lebih dikenal dengan kelas SQ, bahkan untuk... Genetic GT 4100

“Karakter Power Amplifier Tabung Kelas High End.”

Jakarta, amoplusmagz.com Trend audio mobil saat ini memang lebih kepada nuansa yang lebih memanjakan telinga atau lebih dikenal dengan kelas SQ, bahkan untuk yang masih suka dengan alunan musik ajeb-ajeb larinya tetap mengarah kepada standar SQ, atau masuk dalam jajaran kelas SQL.

Sehingga karakter sebuah amplifier tentu akan mengikuti trend tersebut, seperti salah satu jenis power amplifier besutan Genetic yang kali ini masuk lab Amo Plus justru lebih fokus bagi pengguna kelas high end.

Dari berbagai jenis amplifier yang beredar di pasaran, amplifier Genetic GT 4100 menawarkan konsep yang berbeda dari kebanyakan amplifier di kelasnya, dan memiliki beberapa keunggulan, dimana didesain dengan karakter yang kuat dengan fungsi utamanya sebagai penguat sinyal saja. Oleh karena itu, amplifier Genetic GT 4100 dirancang dengan konsep murni untuk memperkuat sinyal audio seoptimal mungkin.

Konsekuensi, amplifier yang didesain sebagai amplifier sejati, menghindari berbagai fitur yang tidak mendukung amplifikasi, karena dapat mempengaruhi kemurnian sinyal suara, bahkan dapat menurunkan kualitas suara, seperti low pass dan high pass crossover filter dan subsonic filter yang biasanya tersedia, kali ini tidak tersedia pada amplifier ini, karena rangkaian elektronik dari filter crossover ini dapat mempengaruhi kualitas suara, demikian klaim dari Genetic.

Sesuai dengan konsep pure amplifier, maka pada fitur yang tersedia hanya fitur yang mendukung amplifikasi saja, seperti pengaturan gain. Dalam penyesuaian penguatan Genetik, GT 4100 tersedia secara individual di setiap saluran yang tersedia. Dengan meminimalisasi rangkaian yang tidak mendukung penguatan, distorsi yang dapat mempengaruhi kualitas suara dapat ditekan.

Sebaliknya, distorsi yang dapat meningkatkan kualitas suara tetap dipertahankan sebagai distorsi harmonik kedua. Harmonik tinggi kedua yang membuat penguat solid state Genetic GT 4100 ini mampu menghasilkan suara tabung (Vaccum Tube).

Dari penampilannya Genetic GT 4100 ini memiliki dimensi yang terbilang kompak. Hal ini dikarenakan GT 4100 memiliki heatsink yang efektif dalam menghilangkan panas dari kerja amplifier. Oleh karena itu amplifier ini terjaga kestabilannya saat bekerja pada sinyal audio level rendah. Perpaduan unsur kayu dan metal pada casing amplifier ini, sepertinya menambah tampilan yang terasa klasik, yang tentunya merupakan karya handmade dalam rancangan desainnya.

Saat kami lakukan pengujian, amplifier 4 channel ini terbukti bahwa kinerja amplifier GT 4100 mampu menghadirkan nuansa musik yang sangat natural, dimana selain separasi stereo yang membentuk soundstaging berdimensi luas, kehangatan suara yang disalurkan juga memberi karakter tersendiri dalam menampilkan vokal tebal, tidak cempreng. Ini membuktikan bahwa nuansa “tabung” yang ingin disuguhkan dapat dicapai dengan baik.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.