Amoplusmagz
Galak Diluar, Merdu Didalam Galak Diluar, Merdu Didalam
Amoplus Magazine - Banyak yang bilang sosok hatchback lansiran Subaru ini lebih cocok dipakai untuk kebut-kebutan ketimbang berada di barisan kontestan audio. Agak jarang... Galak Diluar, Merdu Didalam

Suara mesin boleh galak, tapi urusan audio tetap SQ

Amoplus Magazine – Banyak yang bilang sosok hatchback lansiran Subaru ini lebih cocok dipakai untuk kebut-kebutan ketimbang berada di barisan kontestan audio. Agak jarang memang kita menemukan mobil-mobil sejenis ini berkecimpung dengan dunia peraudio mobilan. Tapi di bilangan kota Bogor beberapa waktu lalu kami menemukan sosoknya yang sudah dimodifikasi audionya. Tidak main-main, sederet perangkat branded pun diaplikasikan didalamnya.

Subaru-Mega-Agung-Controler

Hatchback putih ini merupakan salah satu mobil yang audionya digarap oleh workshop Mega Agung, Bogor. Meski sejatinya ia memiliki tampang dan suara mesin yang gahar, tapi kalau untuk urusan audio aliran yang dianut tetap berkiblat pada sound quality, yang notabene sarat akan kelembutan.

Subaru-Mega-Agung-Headunit

Di bagian head unit tersemat HU double din keluaran Pioneer seri AVH-X5750BT. Sementara itu untuk sound prosesornya didukung oleh perangkat dari Hertz H8 DSP. Di sektor penguat suara ada dua amplifier yang diaplikasikan di mobil ini. Keduanya ditempatkan di bawah jok depan guna efisiensi ruang.

Subaru-Mega-Agung-Processor

Di sektor penyembur suara, di bagian depan diisi oleh komposisi speaker 3way lansiran Focal. Untuk midbass masih ditempatkan di tempat standard-nya. Sementara itu untuk midrange dan tweeter ditaruh di pilar A. Angle untuk midrange dan tweeter keduanya dibuat off axis. Bila diperhatikan positioning-nya seperti dibuat bertumpuk. Namun seperti apapun itu yang jelas pada proses pembangunannya sang installer telah menghitungnya secara matang dan presisi, sehingga dengan komposisi yang dibuat suara berhasil keluar dengan merdu.

Subaru-Mega-Agung-FrontSystem

Ada satu subwoofer yang ditambahkan pada mobil ini. Subwoofer tersebut ditaruh di bagian belakang mobil menempati box sealed yang telah dibuat khusus untuknya. Karena box subwoofer dibuat tidak terlalu besar, jadi area belakang mobil ini masih tetap terasa luas. Dalam arti lain area ini masih tetap dapat difungsikan sebagai mana mestinya.

Subaru-Mega-Agung-Tweeter
Subaru-Mega-Agung-Amplifier

Secara keseluruhan, proses intallasi yang dilakukan oleh sang installer terlihat cukup rapi. Dan dari segi suara pun hasilnya terbilang memuaskan. Meski sejatinya mobil ini kelihatan garang dari luar, tapi setelah masuk ke bagian dalam suasananya berubah menjadi sarat akan kelembutan. Sebelumnya orang-orang pernah mengatakan jika mobil jenis ini lebih cocok dipakai untuk kebut-kebutan. Tapi dengan komposisi audio seperti sekarang ini sepertinya ia juga pantas bersanding bersama para kontestan lain di kancah kontes peraudio mobilan.

Subaru-Mega-Agung
Subaru-Mega-Agung-Skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.