Amoplusmagz
Formasi Unik Besutan Mobiltronik Formasi Unik Besutan Mobiltronik
Di Surabaya beberapa waktu lalu kami bertemu dengan salah satu mobil besutan Mobiltronik. Mobil tersebut adalah Honda Odyssey berwarna hitam Formasi Unik Besutan Mobiltronik

Pengaplikasian system SQ dengan konsep yang sedikit berbeda dari biasanya.

Amoplus Magazine – Umumnya subwoofer pada mobil-mobil yang menganut aliran SQ ditempatkan di bagian belakang atau di bagian bagasi. Hal tersebut dilakukan karena subwoofer memiliki rambatan gelombang suara yang lebih panjang dibandingkan dengan speaker-speaker lainnya. Dengan ditempatkan di bagian belakang bunyi subwoofer akan dapat terdengar lebih menyatu dengan bunyi yang dihasilkan oleh driver lainnya.

Di Surabaya beberapa waktu lalu kami bertemu dengan salah satu mobil besutan Mobiltronik. Mobil tersebut adalah Honda Odyssey berwarna hitam. Secara kompisisi system audio yang dipasangkan di dalamnya terbilang sedikit “nyeleneh”. Kenapa kami katakan demikian ? Seperti yang kami bicarakan di awal, umumnya mobil-mobil yang menganut aliran SQ biasanya menempatkan subwoofer mereka di bagian belakang. Tapi nampaknya tidak pada mobil ini. Pada mobil ini justru kita melihat penampakan subwoofer tertanam di bagian depan, tepat disamping kursi kemudi. Kira-kira seperti apakah konsep yang sebetulnya ingin diusung oleh sang installer ? yuk simak langsung saja pembahasannya sebagai berikut.

Konsep yang diterapkan pada mobil ini sebetulnya tetap mengarah pada sound quality, hanya saja pada penempatan perangkatnya ada beberapa kostumisasi yang dilakukan oleh sang installer. Yang paling menonjol adalah dalam hal penempatan subwoofer. Subwoofer Focal pada mobil ini ditempatkan di bagian depan. Hal ini dimaksudkan agar suara bass dapat benar-benar terdengar ada di depan. Proses seting selanjutnya diserahkan pada prosesor Alpine PXA-H800. Prosesor tersebut bertugas menyelaraskan suara yang dihasilkan oleh tiap driver yang terpasang pada mobil ini.

Sebagai penghasil tonal di bagian depan sang installer memasangkan satu set speaker 3way dari keluarga Focal. Sebagai penyokong dayanya pada mobil ini juga turut dipasangkan dua buah amplifier Focal. Kedua amplifier tersebut ditugaskan untuk menghidupkan speaker 3way dan subwoofer yang terpasang di bagian depan.

Selain formasinya, beberapa treatment yang dilakukan pada mobil ini juga tak kalah unik. Khususnya di bagian depan bila kita perhatikan ada beberapa “benda magic” yang ditaruh di atas dashboard mobil ini. Benda tersebut salah satunya adalah diffuser yang fungsinya untuk memantulkan beberapa frekuensi suara.

Bila dibaca secara skema system yang diaplikasikan pada mobil ini mungkin akan terlihat lebih simple. Namun dalam proses pengerjaannya tentu tak sesimple itu. Ada beberapa treatment khusus yang diberikan pada mobil ini, sehingga dengan skema yang dibuat system audio pada mobil ini tetap enak untuk didengar.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 8 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.