Amoplusmagz
Fokus pada hasil suara Fokus pada hasil suara
Amoplus Magazine - Secara sepintas sistem audio yang diterapkan di Xtrail hitam ini memang terlihat simple. Namun jika bertemu dengannya jangan hanya melihat dari... Fokus pada hasil suara

Meski dari segi komposisi kelihatannya simple, namun kualitas tetap menjadi fokus utama

Amoplus Magazine – Secara sepintas sistem audio yang diterapkan di Xtrail hitam ini memang terlihat simple. Namun jika bertemu dengannya jangan hanya melihat dari segi penampilannya saja, tapi cobalah masuk ke bagian dalam dan dengarkan hasil suara dari sistem audio yang terpasang. Niscaya anda akan dibuat kagum olehnya.

Sejak dulu hingga kini, tipikal pemain SQ adalah mereka tak mau “neko-neko” pada konsep rombakan yang dibuatnya. Fokus utama mereka adalah suara. Untuk hal lain yang diluar itu mereka tak terlalu menghiraukannya. Karena hal itu, bila kita perhatikan mobil SQ yang tampil di kontes-kontes besar selalu tampil “low profile”.

Xtrail ini dibangun dengan system SQ didalamnya. Untuk proses pembangunannya dilakukan oleh tim Mobiltronik Surabaya. Perangkat-perangkat yang tertanam didalamnya terdiri dari beberapa macam brand. Diantaranya ada Focal yang mengisi lini speaker, Bevalor untuk power amplifier, Pioneer untuk head unit, dan Helix untuk sound prosesor.

Xtrail-MTS-FrontSystem

Di bagian depan speaker Focal ditempatkan menggunakan komposisi 3way. Midbass di pintu, sedangkan tweeter dan midrange diposisikan di pilar A. untuk midrange positioningnya pada pilar A didukung oleh housing sebagai tempatnya bersarang. Dengan begitu kinerjanya pun bisa lebih optimal.

Xtrail-MTS-RearSystem

Untuk menggerakan speaker-speaker yang terpasang, ada dua amplifier yang diaplikasikan pada mobil ini. Keduanya berasal dari merek yang sama, yaitu Bevalor. Dari kedua amplifier tersebut salah satunya memiliki 6 kanal keluaran. Amplifier inilah yang ditugaskan untuk mendrive speaker 3way Focal yang terpasang di bagian depan. Satu amplifier lainnya adalah monoblok. Ia mengemban tugas sebagai penggerak subwoofer.

Xtrail-MTS-Aplifier

Agar suara yang dihasilkan dapat terdengar lebih sempurna, maka pada system audio di mobil ini turut ditanamkan juga satu buah sound processor dari Helix DSP Pro. Perangkat tersebutlah yang bertanggung jawab atas kerapihan tata suara dari system audio di Xtrail hitam ini.

Secara keseluruhan, proses installasi yang dilakukan terlihat begitu rapi. Semua yang terpasang benar-benar dibuat presisi oleh sang installer. Dengan begitu, meski tertanam banyak perangkat audio area dalamnya mobil ini tetap nyaman untuk dilihat.

Xtrail-MTS

Oh ya, audio di Xtrail ini juga ternyata pernah sesekali diujikan dalam kontes loh. Hasilnya tak mengecewakan, peringkat 2 dari kategori CAN Q Profesional 240Mill SQ berhasil ia dapatkan. Tak menutup kemungkinan jika kedepannya ia akan mampu mendapat penghargaan yang jauh lebih tinggi lagi.

Xtrail-MTS-skema

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 − 11 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.