Amoplusmagz
Fokus Pada Hasil Akhir Fokus Pada Hasil Akhir
Dalam hal installasi audio sang pemilik sepenuhnya mempercayakan pada workshop AJM Audioworks, dengan Steven selaku installer-nya. Sejak awal pembangunan audio di mobil ini memang... Fokus Pada Hasil Akhir

Terpenting adalah kualitas hasil suara, tampilan bisa nomor dua.

Amoplus Magazine – Innova ini merupakan jawara USACI Special Class Ambitus tahun lalu. Sosoknya mendadak viral berkat keberhasilannya menggondol hadiah utama yang bernilai cukup fantastis. Terlebih pemiliknya merupakan seorang yang memang sudah cukup lama berkecimpung dengan dunia audio, jadi setidaknya ia kenal baik dengan sistem yang terpasang di mobilnya tersebut.

Dalam hal installasi audio sang pemilik sepenuhnya mempercayakan pada workshop AJM Audioworks, dengan Steven selaku installer-nya. Sejak awal pembangunan audio di mobil ini memang didedikasikan untuk turun di Special Class Ambitus pada kontes USACI. Jadi karena hal tersebut hampir sebagian besar produk yang tertanam didalamnya merupakan produk lansiran Ambitus.

Sistemnya menganut genre sound quality (SQ). Di slot head unit seperti yang dapat kita lihat telah tersemat perangkat single din berlabel McIntosh. Head unit satu ini terbilang sudah cukup langka di tanah air. Penggunanya kini hanya segelintir orang saja yang memang memiliki hobi di audio. Karenanya kita tak terlalu banyak melihat penampakannya di lapangan. Mengenai kualitas reproduksi suara tentunya tak perlu diragukan. Dalam memutarkan file-file audio bernuansa SQ ia memiliki kualitas reproduksi suara yang baik.

Sebagai penghasil suara, di kabin depan dipasangkan satu set speaker 3way dari Ambitus. Tweeter dan midrange diplot di pilar A, sedangkan untuk midwoofer masih diposisikan di tempat standard-nya. Khsusus untuk midwoofer, tempatnya kini sedikit dimodifikasi, dibuatkan semacam baffle pada trim pintu depan. Tujuannya adalah agar si midwoofer mampu bekerja ke area frekuensi yang lebih rendah. Satu subwoofer turut ditambahkan di bagian belakang. Pada mobil ini ia mengemban tugas sebagai penyembur suara di frekuensi yang paling rendah.

Saat membuka bagasi belakang, kita akan langsung disampakan oleh sederet perangkat audio yang secara penempatannya sih seperti kurang begitu diperhatikan. Di bagian ini terdapat dua amplifier Brax, satu amplifier Genesis, dan satu prosesor Zapco. Mereka inilah yang bertugas sebagai penggerak dan pengolah suara pada speaker-speaker yang terpasang di mobil ini.

Dalam membangun audio pada mobilnya ini sang pemilik hanya fokus pada hasil suara. Baginya terpenting adalah kualitas hasil suara, soal tampilan bisa nomor dua. Karenanya kita tak sedikitpun melihat konsep kosmetik diterapkan pada installasi audio di Innova ini. pada gelaran kontes beberapa waktu lalu mobil ini berhasil buktikan bahwa dirinya perkasa kalau soal suara. Karenanya jangan anggap remeh gara-gara tampilannya yang terkesan “cuek”, karena kualitas suara tak bisa diukur dengan tampilan.

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.